Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Balita Melakukan Playdate saat New Normal?

Bolehkah Balita Melakukan Playdate saat New Normal?

Sudah beberapa bulan berselang sejak pemerintah menganjurkan karantina mandiri dan pembatasan sosial, kini masyarakat menghadapi realita baru dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Walau PSBB mulai masuk masa transisi, semua orang harus tetap berhati-hati karena bahaya COVID-19 masih di depan mata.

Semua aktivitas harus dilakukan sesuai protokol kesehatan dan untuk semua golongan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Lalu, bagaimana dengan playdate saat new normal? Mungkin Si Kecil (dan Anda sendiri) sudah sangat bosan di rumah saja. Tapi sudah bolehkah Si Kecil kembali melakukan playdate dengan teman-temannya? Simak penjelasannya berikut ini, Moms!

Meminimalkan Risiko Merupakan Prioritas

Sebenarnya, bisa dibilang masa new normal ini tak benar-benar berbeda dari masa PSBB, Moms. Dengan kondisi belum ditemukannya obat penyembuh dan vaksin COVID-19, serta masih terdapatnya orang yang terjangkit COVID-19, risiko penularan virus perlu dikurangi sebisa mungkin.



Physical distancing atau pemberian jarak fisik 1-2 meter dengan orang lain adalah cara tepat dan mudah untuk mencegah penularan virus ini. Walau anak kecil tidak lebih rentan untuk terjangkit, tapi tetap saja physical distancing perlu dilakukan.

Menurut WHO, hal ini perlu dilakukan karena ketika seseorang batuk, bersin, atau bicara, ia dapat menyebarkan cairan tubuh (droplet) dari hidung atau mulut yang mengandung virus. Bila Si Kecil terlalu dekat atau bahkan terpapar droplet secara langsung, maka ia akan tertular virus COVID-19.

Padahal, Si Kecil belum bisa sepenuhnya mengontrol diri, Moms. Yang ia tahu hanya bersenang-senang bersama temannya. Memeluk, mencium, berpegangan tangan, bahkan berbagi makanan dengan sendok yang sama bisa saja ia lakukan walau sudah Anda larang sebelumnya. Maka dari itu, playdate di momen new normal sebisa mungkin tetap harus dihindari. Selain itu, jangan lupa jaga perilaku bersih dan sehat bersama Si Kecil.

Alternatif Seru Pengganti Playdate

Walau playdate secara langsung belum aman dilakukan, Anda dan Si Kecil tetap dapat melakukan ‘playdate’ kok, Moms. Bagaimana caranya? Berikut beberapa trik ‘playdate’ seru selama new normal.

1. Playdate Virtual



Dengan kecanggihan teknologi, hampir tidak ada yang tak mungkin. Buat jadwal untuk bertemu secara virtual dengan teman-teman Si Kecil, Moms. Tentukan pula kegiatan yang akan dilakukan bersama. Misalkan, rencanakan untuk pesta kostum virtual. Anda bisa ajak semua teman Si Kecil untuk melakukan video call dengan kostum kesukaan mereka sambil bercerita tentang keseharian masing-masing.

2. Berkirim Surat

Menjalin pertemanan dengan gaya old school seperti saling bertukar surat dapat menjadi keseruan tersendiri bagi Si Kecil. Bila ia belum bisa menulis, Moms bisa minta Si Kecil untuk menggambar atau mengirimkan hasil prakaryanya. Menunggu pesan atau surat dari seseorang tentu menimbulkan sensasi menyenangkan yang baru bagi Si Kecil.

3. Drive Thru

Ini mungkin butuh usaha dan rencana yang lebih matang, tapi bila Anda dan Si Kecil berhasil melakukannya, maka mungkin ini dapat menjadi salah satu kenangan yang tak terlupakan bagi Si Kecil. Bila Si Kecil atau salah satu temannya berulang tahun, Moms bisa rencanakan playdate drive thru untuk merayakannya. Walau hanya bisa menyelamati dari kendaraan masing-masing, sensasi baru ini akan membuat momen tersebut sangat berkesan baginya. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: playdate,   balita,   anak,   new normal,   pandemi,   covid-19