Mother&Baby Indonesia
Trik Ampuh agar Anak Tak Rewel saat Potong Rambut

Trik Ampuh agar Anak Tak Rewel saat Potong Rambut

Bagi orang tua, kegiatan memotong rambut anak bisa menjadi tantangan tersendiri. Sebab, Si Kecil bisa merasa takut hingga menangis dan rewel yang tak mudah dihentikan. Supaya situasi ini bisa teratasi dengan baik, Moms dan Dads perlu tahu trik ampuh berikut ini untuk membuat Si Kecil tetap tenang selama rambutnya dipotong.

1. Ajak pendamping

Sebelum membawa anak potong rambut, ada baiknya Anda pergi bersama sang ayah atau orang lain untuk mendampingi selama prosesnya. Jika bisa, bawa seseorang yang pasti bisa menghibur Si Kecil agar fokusnya berpindah pada hiburan dibanding proses potong rambut.

2. Beri camilan

Balita Anda tentu memiliki makanan ringan kesukaan yang bisa membuatnya lebih tenang. Berikan camilan tersebut saat ia perlu potong rambut, untuk berjaga-jaga saat tiba-tiba ia mulai rewel atau menangis. Namun, pastikan bahwa saat prosesnya, rambut anak tidak jatuh di camilan yang ia pegang atau hendak ia makan agar Si Kecil tak menelan rambutnya sendiri dan tersedak, ya.



3. Bawa pakaian ganti

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak tidak tahan dengan rasa gatal dari potongan rambut yang menempel di tubuhnya. Maka, Moms perlu membawa pakaian ganti, yang dikenakan setelah membersihkan badan Si Kecil dari potongan rambut yang ada di tubuhnya. Tidak perlu mandi, cukup dilap dengan kain bersih dan pakaikan baju ganti padanya.




4. Sedang good mood

Hal yang tak kalah penting adalah pilih hari saat Si Kecil sedang merasa bahagia atau berada dalam good mood. Anak akan lebih mudah dihibur dan diajak bicara ketika potong rambut. Situasi tersebut akan sangat memudahkan Anda juga capster yang akan memotong rambutnya selama proses dari awal hingga selesai.

5. Salon rumahan

Akan ada momen saat Anda tidak bisa membawa anak ke salon untuk potong rambut. Kenapa tidak dilakukan di rumah saja? Moms bisa memotong rambut Si Kecil sendiri atau memanggil jasa potong rambut khusus anak untuk membantu. Hal ini akan sangat bermanfaat, terutama di situasi yang mengharuskan adanya physical distancing. Selain tak perlu keluar rumah, anak juga bisa merasa lebih nyaman karena berada di rumah sendiri.

6. Jangan terlalu lama

Saat potong rambut, usahakan untuk melakukannya dalam waktu cepat namun tetap harus teliti. Lamanya durasi ini akan memengaruhi mood anak untuk tetap tenang atau menjadi rewel karena harus berdiam diri selama beberapa waktu. Jangan juga paksakan ia untuk potong rambut jika ia tidak mau, agar tak menimbulkan trauma hingga sulit untuk potong rambut kembali di kemudian hari. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   anak potong rambut