Mother&Baby Indonesia
6 Bahan Alami yang Ampuh untuk Membasmi Kecoak di Rumah

6 Bahan Alami yang Ampuh untuk Membasmi Kecoak di Rumah

Kehadiran serangga di berbagai sudut rumah tentu membuat suasana jadi tidak menyenangkan ya, Moms. Selain itu, kehadiran serangga tertentu bahkan bisa membawa penyakit dan kuman, contohnya kecoak. Kecoak adalah salah satu serangga paling kotor. Tubuhnya membawa beragam parasit maupun kuman, mulai dari cacing pita hingga bakteri salmonella.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membasmi kecoak. Tapi dengan kehadiran Si Kecil di rumah, tentu Moms perlu menghindari penggunaan bahan kimia tertentu yang berbahaya bagi Si Kecil untuk membasmi kecoak. Jangan bersedih, karena bahan-bahan alami sehari-hari juga ampuh menyingkirkan kecoak kok, Moms! M&B telah merangkum dari banyak sumber tentang bahan-bahan alami pembasmi kecoak yang bisa Moms gunakan.

Lemon




Tahukah Moms bahwa lemon ampuh membasmi kecoak? Ya Moms, bersifat pathogenic, yakni mampu mencegah pertumbuhan bakteri, lemon juga mampu mencegah kecoak masuk ke dalam rumah. Caranya mudah, Moms. Cukup campurkan perasan lemon pada larutan pembersih lantai untuk mengepel.

Daun Salam


Berbeda dengan manusia yang menganggap daun salam beraroma sedap, kecoak sangat tidak suka aroma daun salam. Triknya, cincang daun salam segar maupun kering, lalu taburkan pada titik-titik yang sering terlihat kecoak, seperti di sudut yang gelap dan berbagai sudut di area dapur.

Minyak Esensial


Ya Moms, kecoak tidak suka bau wangi yang dimiliki oleh minyak esensial. Tak hanya itu, kecoak bahkan bisa mati bila tertetes minyak esensial. Minyak esensial tea tree, kayu putih, peppermint, dan lavender adalah beberapa minyak beraroma kuat yang dapat mencegah kecoak berkumpul di rumah. Caranya, Moms bisa gunakan diffuser dan meletakkannya di dapur atau area rumah tertentu, mengoleskan minyak esensial di area kesukaan kecoak, atau mencampurkan minyak esensial dengan air dan semprotkan langsung pada tubuh kecoak.

Timun




Timun terkenal sebagai sayuran yang tidak disukai oleh serangga, termasuk kecoak. Moms bisa potong timun menjadi kecil-kecil dan letakkan di sudut kesukaan kecoak. Selain itu, timun yang pahit dapat lebih mujarab untuk melenyapkan kecoak.

Gula


Bila dicampur dengan bahan tertentu, gula bisa membantu membasmi kecoak lho, Moms. Cara pertama, campurkan gula dengan petroleum jelly sebagai perangkap kecoak. Kecoak akan tertarik terhadap gula namun akan terperangkap di dalam petroleum jelly. Cara kedua, campur gula dengan soda kue dengan perbandingan 1:1, lalu tabur pada area yang gelap atau yang sering didatangi kecoak. Soda kue bersifat racun bagi kecoak.

Kopi Hitam


Kopi memang terkenal efektif membasmi serangga, tak terkecuali kecoak. Kecoak sangat benci aroma kopi lho, Moms. Cukup taburkan bubuk kopi hitam di area-area kesukaan kecoak atau sudut-sudut gelap. Alhasil, rumah Anda akan terbebas dari kecoak.

Mudah kan, Moms? Cara penting yang tak boleh dilupakan adalah dengan menjaga kebersihan rumah, karena sisa makanan yang berceceran mampu mengundang kecoak. Hiiiyyy...!!! (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: kecoak,   membasmi kecoak










Cover Mei-Juni-Juli 2020