Mother&Baby Indonesia
5 Cara Alami untuk Membasmi Semut di Rumah

5 Cara Alami untuk Membasmi Semut di Rumah

Pepatah mengatakan ada gula ada semut. Jadi, wajar jika Anda baru saja menaruh makanan manis di meja, tidak berapa lama kemudian semut pun berdatangan untuk menyerbu. Remah-remah kue yang terjatuh di lantai pun tidak luput dari incaran para binatang kecil ini.

Keberadaan semut yang sangat banyak jumlahnya di rumah memang bisa mengganggu kenyamanan Anda dan keluarga, ya. Jika Anda merasa kerepotan dengan keberadaan semut di rumah, Anda mungkin bisa mengusirnya dengan bahan pestisida. Namun jika terus-menerus dilakukan, hal tersebut bisa berisiko buruk pada kesehatan Anda dan anggota keluarga.

Yang lebih aman tentu saja menggunakan cara yang alami dengan memakai bahan-bahan yang ada di rumah, Moms. Cara ini juga terbukti ampuh untuk mengusir semut. Nah, dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah cara alami yang bisa Moms lakukan untuk membasmi kawanan semut yang banyak terdapat di rumah Anda.



1. Bubuk atau Ampas Kopi

Bubuk atau ampas kopi mampu membasmi kawanan semut yang membandel dan menghuni setiap sudut rumah Anda. Caranya mudah, taburkan bubuk atau ampas kopi di area yang biasa terdapat semut atau di tempat Anda sering melihat jalur barisan semut.

Kopi dapat menetralkan bau yang disukai semut dan semut sendiri juga tidak menyukai aroma kopi, sehingga mereka akan menjauh dari tempat tersebut. Namun, jika Anda memakai ampas kopi, pastikan ampas kopinya berasal dari kopi tawar ya, Moms, bukan kopi manis.

Anda juga bisa menaburkan bubuk atau ampas kopi di area halaman rumah yang kerap menjadi sarang semut. Cara ini pun diyakini dapat mengusir semut yang bersarang di rumah Anda. Cara ini memang tidak membunuh kawanan semut, tapi cukup efektif untuk mengusir mereka.

2. Bubuk Kayu Manis

Bubuk kayu manis juga bisa menjadi salah satu bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengusir semut, Moms. Moms bisa taburkan bubuk kayu manis di sudut laci atau lemari dapur tempat menyimpan bahan makanan guna mencegah semut datang. Anda juga dapat menaburkannya di area rumah yang sering dilewati oleh kawanan semut.



3. Cuka

Cuka dapat membunuh semut maupun mengusirnya. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1 : 1, lalu tuang ke dalam botol spray dan kemudian semprotkan langsung ke arah barisan semut. Aroma cuka mungkin tidak tahan lama pada indra penciuman manusia, tapi beda untuk semut. Hewan kecil ini dapat mencium bau cuka yang sudah kering dan akan menghindarinya.

4. Lemon atau Jeruk Nipis

Aroma lemon atau jeruk nipis selain bisa menyegarkan rumah, ternyata dapat membasmi semut. Lemon atau jeruk nipis mengandung asam sitrat yang tidak disukai semut dan bisa dijadikan cairan insektisida alami untuk mengusir mereka. Caranya, peras lemon atau jeruk nipis, kemudian campur dengan sedikit air dan semprotkan di tempat Anda biasa melihat kawanan semut berada. Larutan lemon atau jeruk nipis dan air ini bisa jadi alternatif lain buat Anda yang kurang menyukai bau cuka.

5. Bedak Bayi

Ini juga merupakan solusi yang murah, mudah, dan ampuh untuk mengusir semut, Moms. Cukup tebarkan bedak bayi di titik-titik semut biasa berada atau lewat, seperti di pinggir lantai, tembok, pintu, atau jendela. Umumnya semut tidak suka berjalan melewati bubuk, apalagi jika bubuk tersebut menempel di tubuhnya.

Anda juga bisa menggunakan bahan alami lain, seperti garam, bubuk cabai rawit, campuran mint dan air, atau tepung maizena. Caranya kurang lebih sama, dengan ditaburkan atau disemprotkan ke area yang biasa terdapat banyak semut. Selamat mencoba, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   semut,   membasmi semut