Mother&Baby Indonesia
5 Trik Mudah agar Kacamata Tak Berembun saat Pakai Masker

5 Trik Mudah agar Kacamata Tak Berembun saat Pakai Masker

Moms, di tengah pandemi corona yang belum juga berakhir hingga saat ini, penggunaan masker saat Moms beraktivitas di luar ruangan maupun saat berinteraksi dengan orang lain memang sudah menjadi hal yang wajib dilakukan. Tak hanya untuk melindungi dari penyebaran virus corona, tapi juga untuk melindungi saluran pernapasan dari polusi udara.

Namun, untuk Moms yang sehari-hari berkacamata, menggunakan masker bisa menjadi hal yang cukup mengganggu. Embusan napas yang keluar lewat bagian atas masker seringkali membuat lensa kacamata jadi berembun, dan akhirnya justru mengganggu penglihatan.

Ya, masker akan mengarahkan embusan napas yang bersuhu panas dan lembap ke lensa kacamata. Uap dalam napas akan mengembun pada lensa dan tegangan permukaan menyebabkan tetesan uap tersebut bertahan di lensa. Akibatnya, meskipun kita sudah berulang kali menyeka embun tersebut, tetap saja lensa kacamata kita akan berembun setiap kita bernapas. Duh, menyebalkan sekali pasti ya!



Tapi, jangan buru-buru melepas masker Anda, Moms. Karena bagaimana pun, sangat penting untuk mengenakan masker saat ini. M&B punya cara mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Apa saja?

1. Cuci dengan Sabun dan Air

Lap lensa kacamata dengan sabun batang atau sabun cair, setelah itu bilas dengan air bersih dan biarkan kacamata kering atau keringkan dengan tisu lembut sebelum mengenakannya kembali. Yup, cara ini didapat dari sebuah jurnal medis tahun 2011 berdasarkan sebuah studi dari Annals of The Royal College of Surgeons of England, dan telah dibuktikan oleh seorang dokter yang kacamatanya berembun saat mengenakan masker bedah.

Namun ia berhasil mengatasinya dengan mencucinya dengan sabun sebelum operasi. Sebagai penjelasan secara ilmiah mengapa trik ini cukup efektif untuk mengatasi kacamata yang berembun, air sabun memiliki sifat untuk ‘memecah’ tegangan permukaan dengan meninggalkan lapisan tipis yang membuat permukaan lensa kacamata lebih sulit terkena embun.

Cara ini memang tak akan bisa bertahan seharian ya, Moms, tetapi tentu akan sangat bermanfaat selama beberapa jam sebelum kita membasahi kembali lensa kacamata dengan sabun dan air. Tak hanya si dokter tersebut, Moms. Para perenang juga biasa menerapkan cara ini untuk menjaga agar kacamata renang mereka tetap jernih dan tak berembun saat berenang.

2. Gunakan Semprotan Anti Debu

Sama seperti cara kerja sabun dan air, spray ini dirancang untuk menjaga timbulnya kondensasi yang menempel pada lensa. Tapi, Moms perlu berhati-hati saat menyemprotkan semprotan anti debu ini ya. Jangan sampai mengenai mata karena bisa menyebabkan iritasi. Pastikan untuk mengeringkan kacamata Anda terlebih dahulu dengan lap khusus kacamata yang lembut sebelum mengenakannya kembali.



3. Semprotkan Anti-fog Spray

Selain semprotan anti debu, Moms juga bisa menggunakan anti-fog spray untuk mencegah kacamata Anda berembun saat menggunakan masker. Caranya pun sama kok, Moms! Cukup semprotkan pada lensa kacamata Anda, lalu keringkan dengan kain lembut.

4. Lipat Bagian Atas Masker

Cara ini merupakan anjuran dari Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo, Moms. Jika bagian atas masker terasa longgar, lipat sedikit bagian tersebut kira-kira 1 cm ke arah dalam sebelum mengenakannya. Dengan melakukan hal ini, kita akan menciptakan ruang ekstra bagi napas kita untuk keluar dari masker sebelum mengarah ke lensa kacamata.

Namun bukan berarti metode ini tidak memiliki kelemahan ya, Moms. Hal ini tentu saja akan mengurangi ukuran masker kita. Jika kita ingin tetap mencoba cara ini, pastikan bagian tepi masker harus selalu pas dan menutupi seluruh hidung dan mulut, ya.

5. Selipkan Tisu pada Bagian Dalam Masker

Cara terakhir yang bisa Moms lakukan untuk mencegah kacamata Anda berembun saat menggunakan masker adalah dengan melipat tisu dan menyelipkannya di balik masker. Caranya, gunakan 2-3 lembar tisu, masukkan di balik masker dan pastikan tisu menutupi tulang hidung Moms, tepat pada bagian di mana kacamata bersangga. Tisu tersebut bisa membantu menyerap kelembapan dari napas dan menghalangi terbentuknya embun pada permukaan lensa kacamata.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar kacamata Anda tidak berembun saat menggunakan masker. Selamat mencoba, Moms! (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)



Tags: kacamata,   masker,   kacamata berembun,   face mask,   covid-19,   virus corona