Mother&Baby Indonesia
Tips Menghilangkan Getah Labu Siam Sebelum Dimasak

Tips Menghilangkan Getah Labu Siam Sebelum Dimasak

Labu siam yang memiliki nama Latin Sechium edule merupakan tumbuhan suku labu-labuan (Cucurbitaceae) yang sering dikonsumsi oleh masyarakat kita dan diolah menjadi berbagai macam hidangan sayuran sebagai pelengkap menu utama. Labu siam umumnya diolah sebagai bagian dari sayur asem, sayur lodeh, atau ditumis dan bahkan hanya direbus.

Dilihat dari segi nutrisi, labu siam termasuk sayuran yang kaya akan zat gizi. Labu siam mengandung banyak serat, antioksidan, dan sejumlah nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sayurn ini juga rendah kalori, sehngga sering direkomendasikan bagi orang yang ingin menurunkan kolesterol dan mengurangi berat badan.

Meskipun demikian, banyak Moms yang enggan mengolah labu siam karena kandungan getahnya yang tinggi dan kita akan sangat direpotkan saat getah menempel di tangan. Selain itu, jika tidak dibersihkan dengan benar, getah tersebut masih menempel dan tentu saja akan memengaruhi rasa masakan.



Namun, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk dapat menghilangkan getah labu siam dengan cepat dan mudah dan mengolahnya menjadi sayuran yang enak dan lezat, Moms. Ini tipsnya.

Membersihkan Getah Labu Siam

Pertama, setelah kulitnya dikupas, potong labu siam menjadi 2 bagian sama besar, kemudian gosokkan kedua bagian tersebut satu sama lain hingga getahnya keluar. Nantinya, di permukaan labu siam akan terkumpul getah putih. Kerok dan buang getahnya dengan menggunakan pisau.

Rendam Labu Siam dengan Air

Nah, setelah semua getah keluar, kerok getah dengan pisau, kemudian rendam labu siam dalam air agar getah yang tersisa juga ikut menghilang. Jangan membiarkan labu siam yang sudah dikupas dan dipotong-potong dalam ruang terbuka dalam waktu lama ya, Moms. Warna labu siam biasanya akan berubah menjadi kekuningan. Setelah itu, bilas labu siam dengan air sampai bersih.



Hilangkan Getah dengan Garam

Moms, selain dengan mengosoknya, terdapat cara lain untuk menghilangkan getah labu siam, yaitu dengan garam. Pertama, Moms dapat mengupas dan memotong-motong labu siam, lalu rendam di dalam larutan air garam selama lima menit. Selama direndam, remas potongan labu siam untuk mengeluarkan getah dan setelah itu bilas dengan air bersih.

Lindungi Tangan dari Getah

Ketika Moms mengupas atau memotong labu siam, biasanya tangan akan ikut terkena getah dan menjadi lengket. Moms bisa menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan dari getah. Atau Anda juga dapat menggunakan blimbing wuluh dengan cara langsung diremas guna menghilangkan getahnya jika terkena tangan. Bisa juga dengan mengoleskan minyak goreng untuk melenyapkan getah Labu Siam dari tangan.

Menyimpan dan Mengolah Labu Siam

Moms, Anda juga bisa mengupas dan memotong labu siam dalam jumlah banyak sekaligus dan menyimpannya di kulkas. Untuk penyimpanan yang lebih lama, masukkan potongan labu siam ke wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas. Labu siam anda bisa bertahan hingga satu minggu. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: labu siam,   getah