Mother&Baby Indonesia
Tips Membuat Peyek yang Renyah dan Tak Berminyak

Tips Membuat Peyek yang Renyah dan Tak Berminyak

Peyek merupakan camilan renyah yang juga bisa jadi teman makan yang enak. Di balik kelezatan dan kerenyahannya, membuat peyek ternyata susah-susah gampang lho, Moms! Dibutuhkan teknik khusus untuk membuat peyek agar renyah dan tidak berminyak. Mau tahu tips membuat peyek yang renyah dan tak berminyak? Yuk, simak tips berikut ini, Moms!

1. Tekstur Adonan Tidak Terlalu Kental

Kekentalan adonan peyek menjadi kunci utama dalam membuat peyek yang renyah. Buatlah adonan yang tidak terlalu kental dan cenderung encer. Komposisi tepung, air (atau santan), dan bumbu-bumbu seperti ketumbar, bawang putih, kencur, kemiri, dan garam harus benar-benar pas. Setidaknya ketika disendok dan dituangkan ke dalam minyak panas, adonan bisa mengalir dengan mudah tanpa membuatnya terlalu tipis.

2. Menuang Adonan dengan Benar

Menuang adonan peyek ke dalam wajan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan ya, Moms! Tuang adonan di pinggir wajan dan biarkan larutan mengalir di pinggir wajan hingga masuk ke dalam minyak. Karena bila adonan langsung dituang ke dalam minyak, maka adonan yang tipis itu akan buyar dan menjadi butiran-butiran seperti kremesan.



3. Gunakan Wajan Lengkung

Karena ketika menuang adonan peyek ke wajan memerlukan teknik khusus, maka pemilihan dan penggunaan wajan juga harus tepat, Moms! Anda wajib menggunakan wajan yang berbentuk cekung atau melengkung, sehingga adonan bisa dituangkan di bagian pinggir wajan sebelum mengering dan jatuh ke minyak panas.



4. Tiriskan Minyak

Setelah digoreng dan berubah warna jadi kecokelatan, Moms bisa mengangkat peyek dari penggorengan dan meniriskan minyaknya. Setelah ditiriskan taruh peyek di atas wadah yang telah dialasi tisu untuk menyerap minyaknya, jadi peyek tidak akan berminyak ketika disantap.

5. Simpan di Toples Kedap Udara

Nah, jika sudah selesai ditiriskan dan peyek sudah tampak kering serta tidak berminyak, Moms dapat menyimpan peyek di toples kedap udara. Hal ini dilakukan agar kerenyahan peyek tetap terjaga. Simpan peyek dalam toples dengan tutup rapat agar tidak mudah melempem. (Binar MP/SW/Dok. Cookpad)



Tags: peyek










Cover Mei-Juni-Juli 2020