Mother&Baby Indonesia
Cara Pintar Memilih Ikan yang Segar dan Berkualitas

Cara Pintar Memilih Ikan yang Segar dan Berkualitas

Mengonsumsi ikan memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, karena ikan mengandung segudang nutrisi dan gizi yang baik yang tak perlu diragukan lagi untuk kesehatan kita. Agar mendapatkan nutrisi terbaik dari ikan, maka pemilihan dan pengolahan ikan pun harus dilakukan dengan tepat.

Nah, bagi Moms yang ingin menyajikan ikan di dalam menu sehari-hari, Anda harus memperhatikan pemilihan ikan segar ketika hendak membalinya. Pasalnya, kesegaran ikan juga memengaruhi kandungan nutrisi di dalamnya. Lebih jauh lagi, jika salah memilih ikan dan ternyata sudah tak segar, maka hal tersebut bisa berdampak buruk ketika mengonsumsinya, seperti keracunan atau terkontaminasi bakteri.

Untuk itu, yuk, ketahui cara memilih ikan segar sebelum membelinya dengan melihat tanda-tanda berikut ini, Moms!



Cium Aromanya

Moms, ikan dengan kualitas baik memiliki bau yang lebih segar dan tak terasa aneh. Sementara pada ikan yang sudah tak lagi segar, bau amis yang menyengat akan tercium dari ikan tersebut. Bau amis yang muncul itu karena ikan telah dibiarkan terlalu lama dalam suhu ruang dan telah mulai mengalami pembusukan.

Cek Bagian Matanya

Mata ikan yang segar tampak terang dan jernih dengan warna hitam di bagian tengahnya. Permukaannya pun terasa menonjol dan kenyal saat diraba. Sebaliknya, mata ikan yang yang sudah tidak segar tampak mengerut dan keruh. Bagian mata yang seharusnya berwarna putih kekuningan juga berubah warnanya menjadi kemerahan.

Periksa Insangnya

Ciri-ciri ikan segar lainnya adalah memiliki insang berwarna merah yang tampak bersih dan segar. Semakin merah warna insang, maka semakin baik kualitasnya. Insang berwarna kecokelatan atau keabuan dengan bagian insang yang tampak terpisah satu sama lain menandakan bahwa kualitas ikan telah menurun. Jadi, Anda harus mengangkat penutup insang pada sisi kepala ikan untuk mengecek warna insangnya sebelum membeli ya, Moms!

Amati Kulit dan Sisiknya

Moms, ketika hendak membeli ikan, pilihlah ikan dengan tubuh yang kencang dan kulit mengilap dengan sisik yang tak rontok. Karena salah satu cara mudah memilih ikan segar adalah dengan mengamati warna kulit dan sisiknya.



Kulit ikan yang segar dan berkualitas akan tampak mengilat dengan warna yang terang. Sisiknya pun masih menempel dengan kuat pada badan ikan dan tidak mudah lepas saat ditarik. Sementara itu, ikan berkualitas rendah memiliki kulit dan sisik yang tampak kusam. Saat dipegang, sisiknya juga mudah terlepas.

Lihat Warna Dagingnya

Pada dasarnya, daging ikan yang segar tampak jernih dengan warna translusen yang cerah. Beberapa jenis ikan memiliki warna daging putih terang, tapi ada pula jenis ikan yang memiliki warna berbeda. Apa pun jenis ikan yang Anda pilih, pastikan bahwa warnanya cerah dan tidak kusam.

Cek Tekstur Dagingnya

Untuk mengetahui tekstur daging ikan, Anda bisa menekan bagian dagingnya. Ikan segar memiliki tekstur yang lembut tapi cukup kenyal, sehingga dapat kembali ke bentuknya semula setelah ditekan. Seluruh dagingnya juga menempel kuat pada tulang. Berbeda dengan ikan segar, daging ikan yang kualitasnya menurun berwarna kusam. Teksturnya pun berubah menjadi lebih lunak.

Periksa Perutnya

Cara terakhir untuk memastikan ikan yang akan Anda beli segar atau tidak adalah dengan menekan bagian perutnya. Perut ikan yang segar terasa kenyal saat ditekan dan dapat kembali ke bentuknya semula. Sementara itu, ikan berkualitas rendah memiliki tekstur perut yang lunak. Tak hanya itu, isi perutnya juga dapat terburai dengan mudah saat Anda menekannya. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: ikan,   ikan segar,   memilih ikan