Mother&Baby Indonesia
Cara Mudah Membersihkan Panci Gosong dan Wajan Berkerak

Cara Mudah Membersihkan Panci Gosong dan Wajan Berkerak

Tentu menyebalkan ya, bila melihat panci atau wajan yang gosong dan berkerak di dapur. Meski demikian, masalah ini nyatanya memang sulit dihindari, apalagi bila Anda menggunakan panci atau wajan tersebut setiap harinya untuk memasak. Panci dan wajan yang gosong dan berkerak ini biasanya disebabkan oleh kerak sisa masakan dan perubahan warna pada bagian panci yang terpapar api kompor.

Meski terlihat gosong dan berkerak, bukan berarti panci dan wajan tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi. Daripada terburu-buru mengganti dengan yang baru, lebih baik Anda berusaha untuk membersihkan panci atau wajan yang gosong dan berkerak ini agar kembali terlihat bersih mengilap, Moms. Nah, bagaimana cara membersihkan panci gosong dan wajan berkerak tersebut? Simak cara berikut ini.

1. Bersihkan memakai air panas

Untuk membersihkan kerak gosong yang menempel pada panci atau wajan Anda yang berbahan stainless steel atau enamel, Moms bisa dengan mudah menggunakan air panas. Dengan disirami air panas, kerak gosong yang menempel pada panci atau wajan akan menjadi lebih lembek, sehingga mudah untuk dibersihkan.



Cara pertama yang harus Moms lakukan adalah memanaskan panci atau wajan yang gosong di atas kompor selama beberapa menit. Setelah itu, saat panci sudah cukup panas, Moms bisa menyirami bagian panci atau wajan yang berkerak dengan air panas sampai terdengar suara mendesis. Saat itu pulalah Moms bisa bisa mengoleskan sedikit sabun cuci ke permukaan panci atau wajan yang gosong. Nah, untuk mengikis noda kerak yang gosong, Moms bisa memakai sendok kayu atau spatula nilon Anda.

2. Pakai air dan sabun cuci piring

Panci dan wajan Anda yang gosong dan berkerak bisa bersih kembali dengan bantuan air dan sabun cuci piring. Campuran air dan sabun cuci piring ini dapat membuat kerak gosong yang menempel pada panci lebih lembek dan mudah dibersihkan.

Moms bisa merendam panci atau wajan yang gosong dengan air panas dan sabun pencuci piring selama beberapa jam. Semakin lama Anda merendamnya, maka semakin banyak pula sisa kerak gosong yang terangkat. Setelah direndam, buang air rendaman, lalu sikat bagian panci atau wajan yang gosong dan berkerak dengan scrub berbahan nilon.

3. Gunakan cuka

Cuka ternyata bisa Moms manfaatkan untuk membersihkan panci atau wajan Anda yang gosong dan berkerak. Kandungan asam asetat pada cuka berfungsi untuk menghilangkan kerak gosong pada panci maupun wajan Anda.



Cara membersihkannya hampir sama ketika panci atau wajan dibersihkan dengan air. Ketika panci atau wajan yang telah Moms panaskan sudah cukup panas, Moms bisa menuangkan cuka pada bagian panci atau wajan yang berkerak, kemudian tunggu selama beberapa menit sampai asam asetat pada cuka mulai bekerja. Setelah itu, Moms bisa menggosok bagian panci atau wajan yang gosong dan berkerak menggunakan spons busa atau alat pencuci piring yang terbuat dari tembaga. Cara lainnya, Moms juga bisa mengikis kerak sisa gosong dengan spatula kayu secara perlahan.

4. Bersihkan dengan garam

Bila Moms ingin membersihkan kerak gosong pada bagian dalam panci atau wajan, Anda bisa menggunakan garam yang ada di dapur. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah merendam panci atau wajan dalam air panas selama beberapa saat. Setelah itu, untuk membersihkan kerak gosong pada bagian dalam panci atau wajan, Moms bisa merendam panci atau wajan menggunakan air dingin yang telah dicampur garam. Diamkan selama semalaman, lalu bilas dengan air panas keesokan harinya.

5. Pakai baking soda

Panci dan wajan Anda ternyata bisa bersih mengilap kembali bila dibersihkan dengan baking soda lho, Moms. Cara penggunaannya sangat mudah, Moms hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air hingga membentuk gumpalan pasta. Lalu oleskan pasta baking soda pada bagian panci dan wajan yang gosong. Kemudian diamkan terlebih dahulu selama beberapa jam. Setelah itu, cuci panci dan wajan yang gosong dengan sabun dan spons hingga bersih.

6. Gunakan minyak sayur

Bila Anda menginginkan panci dan wajan Anda bersih kembali, Moms bisa menggunakan minyak sayur untuk membersihkan noda kerak gosong yang membandel pada panci atau wajan Anda. Karena minyak sayur dapat membantu melunakkan kerak gosong pada panci atau wajan.

Caranya, oleskan minyak sayur secara merata pada bagian panci dan wajan yang gosong. Kemudian diamkan beberapa jam sampai kerak gosong menjadi lunak. Setelah itu cucilah wajan atau panci yang gosong dengan sabun pencuci piring dan spons hingga bersih. (Vonda Nabilla/SW/Dok. M&B)



Tags: keluarga,   peralatan memasak,   panci gosong,   wajan berkerak,   membersihkan panci dan wajan