Mother&Baby Indonesia
Makanan dan Minuman yang Bisa Membantu Meredakan Stres

Makanan dan Minuman yang Bisa Membantu Meredakan Stres

Setiap orang tentu pernah merasa stres. Level stres yang dialami pun berbeda-beda, mulai dari yang ringan hingga akut atau kronis. Stres bisa berdampak pada pada kesehatan fisik dan emosional seseorang. Bahkan bila Anda menderita stres kronis, Anda bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan depresi.

Saat stres, wajar bila seseorang mencari cara untuk meredekannya. Beberapa cara yang biasa dilakukan di antaranya adalah dengan berolahraga, mendengarkan musik, atau melakukan hal yang disukai. Namun selain cara tersebut, tenyata mengonsumsi makanan dan minuman tertentu juga bisa menjadi cara untuk mengatasi atau meredakan stres yang dialami seseorang.

Nah, berikut ini beberapa makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi untuk membantu meredakan stres.



1. Telur

Telur mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang dibutuhkan untuk respons stres yang sehat. Telur utuh kaya akan kolin yang terbukti berperan penting dalam kesehatan otak dan dapat melindungi dari stres.

2. Brokoli

Brokoli mengandung magnesium, vitamin C, dan folat yang dapat mengatasi gejala depresi. Selain itu brokoli juga kaya akan sulforaphane, senyawa sulfur yang memiliki sifat neuroprotektif yang dapat memberikan efek penenang dan antidepresan.

3. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti makerel, salmon, dan sarden sangat kaya akan lemak omega-3 dan vitamin D, nutrisi yang telah terbukti membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan mood. Omega-3 dapat membantu tubuh Anda mengatasi stres, sedangkan Vitamin D dapat membantu meregulasi stres.

4. Blueberry

Blueberry kaya akan antioksidan flavonoid yang memiliki efek antiinflamasi dan neuroprotektif yang kuat, yang dapat membantu mengurangi peradangan yang berhubungan dengan stres dan melindungi terhadap kerusakan sel yang berhubungan dengan stres.

5. Teh Chamomile

Teh dan ekstrak chamomile telah terbukti dapat membantu tidur lebih nyenyak dan mengurangi gejala kecemasan serta depresi. Selain itu, chamomile juga dijadikan ramuan obat yang telah digunakan sejak zaman kuno sebagai peredam stres alami.

6. Ubi Jalar

Mengonsumsi sumber karbohidrat yang kaya nutrisi seperti ubi jalar dapat membantu menurunkan kadar kortisol atau hormon stres. Selain itu ubi jalar juga mengandung nutrisi yang penting untuk merespons stres, seperti vitamin C dan kalium.



7. Peterseli

Peterseli mengandung antioksidan, senyawa yang dapat menetralkan molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas dan melindungi dari stres oksidatif. Stres oksidatif dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk gangguan kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan. Sebuah studi menunjukkan bahwa diet kaya antioksidan dapat membantu mencegah stres dan kecemasan.

8. Teh Hijau

Teh hijau atau macha kaya akan L-theanine, yaitu asam amino non-protein, yang diketahui dapat membantu meringankan stres. Sebuah penelitian yang dilakukan pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa macha dapat mengurangi stres jika kandungan L-theanine-nya cukup tinggi dan kafeinnya rendah.

9. Kimchi

Kimchi merupakan hidangan sayuran yang difermentasi. Menurut sebuah penelitian, makanan fermentasi dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 710 orang dewasa muda menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan fermentasi lebih sedikit mengalami gejala kecemasan sosial.

10. Bawang Putih

Bawang putih kaya akan senyawa sulfur yang dapat membantu meningkatkan kadar glutathione. Antioksidan ini merupakan bagian dari garis pertahanan pertama tubuh manusia untuk melawan stres. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu memerangi stres dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

11. Jeroan

Jeroan seperti jantung, hati, dan ginjal sapi serta ayam merupakan sumber vitamin B yang sangat baik, terutama B12, B6, riboflavin, dan folat, yang penting untuk pengendalian stres. Mengonsumsi vitamin B atau makan jeroan dapat membantu mengurangi stres. Sebuah tinjauan pada 18 studi yang dilakukan pada orang dewasa ditemukan bahwa suplemen vitamin B dapat menurunkan tingkat stres dan memberi manfaat pada suasana hati secara signifikan.

12. Kerang

Kerang mengandung asam amino yang tinggi seperti taurin, yang dapat meningkatkan mood. Taurin dan asam amino lainnya diperlukan untuk menghasilkan neurotransmiter seperti dopamin, yang penting untuk mengatur respons stres. Kerang juga kaya akan vitamin B12, zinc, tembaga, mangan, dan selenium, yang semuanya dapat membantu meningkatkan mood. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: stres,   makanan pereda stres,   minuman pereda stres