Mother&Baby Indonesia
Ini Beda Karakter Nutrisi Daging Sapi dan Daging Ayam

Ini Beda Karakter Nutrisi Daging Sapi dan Daging Ayam

Pemenuhan gizi seimbang tak terlepas dari pilihan makanan Anda, Moms. Setiap makanan memiliki nilai gizinya sendiri, dan memahami karakter masing-masing makanan dapat membantu Anda dalam menjaga pola makan sehat seimbang.

Kali ini M&B telah merangkum perbedaan karakter nutrisi yang dikandung oleh daging sapi dan daging ayam. Ya Moms, walau sama-sama sumber protein yang baik bagi tubuh, baik daging sapi dan daging ayam memiliki karakter gizi yang berbeda. Simak penjelasannya berikut ini.

Protein

Bila bicara soal protein, maka daging ayam merupakan sumber protein yang lebih sehat dibandingkan dengan daging sapi. Hal ini dikarenakan daging ayam cenderung mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan dengan daging sapi. Selain itu, kandungan protein pada daging ayam lebih mudah diserap oleh tubuh.



Bila dibandingkan, 300 gram daging sapi mampu memenuhi kebutuhan protein Anda hingga 156%, sedangkan dengan takaran yang sama daging ayam mampu memasok 164% kebutuhan protein harian Anda.

Mineral

Kalsium, potasium, magnesium, tembaga, zinc, fosfor, sodium, dan zat besi adalah beberapa mineral utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Baik daging sapi dan daging ayam mengandung seluruh mineral tersebut, hanya memang kadar kandungannya berbeda.

Menurut data U.S. Department of Agriculture Food Composition Database, bisa dibilang daging sapi mengandung mineral dalam jumlah yang lebih banyak daripada daging ayam. Contohnya, kandungan zat besi dan zinc dalam daging sapi lebih dari > 150 ?g/g, sedangkan  dalam daging ayam hanya sekitar 30 ?g/g.

Mineral dibutuhkan tubuh agar dapat menjaga fungsi organ berjalan normal. Tapi baik bagi ibu hamil dan bayi, mineral seperti zat besi dan seng memainkan peran yang cukup krusial karena sangat dibutuhkan untuk proses perkembangan otak dan sistem imun.



Vitamin

Vitamin adalah zat organik yang dibutuhkan tubuh untuk membantu menjaga fungsi serta metabolisme sel tubuh. Sayangnya, sebagian besar vitamin tidak mampu diciptakan oleh tubuh. Baik daging sapi dan daging ayam mengandung berbagai vitamin yang diperlukan tubuh.

Perihal vitamin, daging ayam mengandung lebih banyak vitamin daripada daging sapi. Mulai dari vitamin A, E, B1, B3, B5, hingga vitamin K lebih banyak ditemukan pada daging ayam. Bahkan kandungan vitamin A pada ayam 1.688,9% lebih banyak dibandingkan dengan daging sapi. Vitamin A diperlukan tubuh untuk menjaga perkembangan dan kinerja berbagai organ tubuh, terutama mata dan kulit.

Tapi ini tak berarti daging sapi rendah vitamin, karena 100 gram daging sapi mengandung 2,64 mikrogram vitamin B12, jauh lebih banyak dibandingkan dengan daging ayam yang hanya mengandung 0,3 mikrogram vitamin B12. Vitamin B12 bermanfaat untuk pembentukan protein, sel darah, dan jaringan.

Ketiga hal di atas adalah kandungan gizi yang menunjukkan perbedaan yang cukup besar. Kadar nutrisi lain seperti tingkat kolesterol, kadungan gula, dan karbohidrat masing-masing jenis daging sama-sama rendah dan tidak jauh berbeda. Jangan lupa untuk mengkombinasikan baik daging sapi dan daging ayam dengan sayuran atau makanan lain agar Anda memiliki pola makan sehat seimbang. Jadi, mau masak daging apa hari ini, Moms? (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: daging ayam,   daging sapi,   nutrisi,   gizi