Mother&Baby Indonesia
Tips Menyimpan Sayur agar Awet dan Tidak Cepat Busuk

Tips Menyimpan Sayur agar Awet dan Tidak Cepat Busuk

Moms, jika Anda sering berbelanja sayur dalam jumlah yang banyak untuk stok selama satu minggu, maka Anda harus memperhatikan cara penyimpanan sayur yang tepat. Pasalnya, cara menyimpan sayur yang tepat akan berpengaruh pada kualitas sayuran tersebut. Dan kualitas sayur akan menentukan nutrisinya.

Sementara masa simpan sayur tidak akan bertahan lama jika disimpan di suhu kamar karena mudah layu. Sayur juga mudah busuk jika hanya digeletakkan di dalam lemari es begitu saja karena kandungan airnya yang cukup banyak. Jadi jika ingin mendapat nutrisi yang optimal dari sayur, Moms sebaiknya mengetahui cara penyimpanan sayur yang tepat.

Jika Anda melakukan teknik penyimpanan sayur dengan benar dan tepat, kualitas sayur yang Anda beli akan tetap baik meskipun sudah disimpan selama berhari-hari lho, Moms! Nah, berikut ini teknik penyimpanan sayur yang tepat di dalam lemari es agar tidak cepat busuk dan awet hingga satu minggu.



1. Cuci dan Keringkan Sayuran Sebelum Disimpan

Moms, cuci terlebih dahulu sayuran yang akan dimasukkan ke lemari es. Setelah dicuci, keringkan sayuran tersebut hingga tidak ada lagi air yang ada di permukaan sayuran. Penting untuk memastikan sayur yang akan disimpan di dalam lemari es dalam keadaan kering, karena sayuran yang basah tidak akan bertahan lama dan cepat rusak jika langsung disimpan di dalam lemari es.

2. Masukkan ke Dalam Wadah yang Tepat

Ketika sayur sudah dikeringkan, Anda dapat menempatkan sayuran di wadahnya masing-masing. Pisahkan jenis-jenis sayuran yang berbeda dalam wadah terpisah agar tidak mudah busuk. Siapkan tempat penyimpanan tertutup untuk masing-masing sayur. Sayuran yang memiliki kadar air rendah dapat ditempatkan pada suhu yang dingin. Sementara sayuran yang memiliki kadar air tinggi ditempatkan pada rak khusus sayuran, contohnya cabe, gambas, jagung, wortel, dan lain-lain.



3. Jaga Kelembapan Sayur

Tingkat kelembaban sayur juga harus diperhatikan ya, Moms! Agar sayur lebih awet dan tetap segar, masukkanlah tisu atau kain di bagian atas sayuran sebelum wadahnya ditutup. Kain dan tisu tersebut akan menyadi penyerap air berlebih. Atau Anda juga bisa membungkus sayur dengan kertas. Kertas mampu menyerap kelembapan yang berlebih sehingga sayuran tidak akan cepat membusuk. Jika kelembapannya tepat, maka sayur tidak mudah busuk dan bisa lebih tahan lama di dalam lemari es.

4. Perhatikan Suhu Lemari Es

Agar kualitas sayuran tetap terjaga, maka Anda juga harus menjaga suhu lemari es tetap stabil. Suhu yang terlalu tinggi atau rendah hanya akan membuat sayur tak bertahan lama dan cepat membusuk. Jangan pernah menyimpan sayuran di freezer, karena sayur akan berisiko langsung rusak dan bewarna hitam. Sebaliknya, jika disimpan pada suhu sangat tinggi, maka sayuran akan lunak, berkerut, dan keriput.

5. Pastikan Kebersihan Lemari Es

Lemari es yang bersih juga menjadi hal yang penting agar kualitas sayuran yang Anda simpan di dalamnya tetap terjaga dengan baik. Suhu pada lemari es juga akan bisa berdampak pada munculnya bakteri atau tidak. Idealnya, suhu di dalam lemari es berkisar 1-4 derajat Celsius. Jika suhu lemari es lebih tinggi daripada itu, maka bisa menimbulkan bakteri yang nantinya memengaruhi rasa serta aroma makanan. Sementara itu, jika suhunya lebih rendah, maka hanya akan membuat sayuran menjadi beku. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: sayuran,   nutrisi










Cover Mei-Juni-Juli 2020