Mother&Baby Indonesia
Ingin Naikkan Berat Badan? Coba Konsumsi Makanan Ini!

Ingin Naikkan Berat Badan? Coba Konsumsi Makanan Ini!

Bukan hanya kelebihan berat badan, kekurangan berat badan pun dapat berpengaruh buruk pada kesehatan. Bagi beberapa orang, menaikkan berat badan adalah tugas yang sulit, layaknya mengurangi berat badan bagi orang-orang lain.

Walaupun begitu, memilih makanan yang tepat dapat membuat usaha menaikan berat badan Anda menjadi lebih sehat dan efektif. M&B telah merangkum beberapa makanan yang bisa membantu menaikkan berat badan Anda. Simak daftarnya berikut ini, Moms!

1. Susu




Susu adalah sumber protein utama bagi orang-orang yang ingin menaikkan berat badan maupun membangun otot sejak lama. Pasalnya, susu mengandung protein, karbohidrat, dan lemak yang seimbang. Selain itu, susu juga kaya kalsium dan mineral lain yang baik bagi tubuh.

Melansir Healthline, penelitian menemukan bahwa susu yang dikombinasikan dengan kasein dapat menyebabkan kenaikan massa tubuh yang lebih banyak dibandingkan dengan sumber protein lainnya. Coba minum segelas atau dua gelas susu sebagai kudapan atau saat sarapan.

2. Nasi


Nasi adalah makanan tinggi kalori yang membuat Anda mendapatkan cukup banyak karbohidrat dalam sekali makan. Melansir Healthline, satu cangkir (165 gram) nasi yang sudah dimasak mengandung 190 kalori, 43 gram karbohidrat, dan sedikit lemak. Namun Anda perlu berhati-hati bila memiliki kondisi diabetes, karena kandungan gula dalam nasi dapat memperburuk kondisi diabetes Anda. Jangan lupa kombinasikan nasi dengan sumber protein dan lemak yang sehat.

3 Daging


Daging sapi merupakan salah satu makanan pembangun tubuh yang terbaik. Satu porsi steak mengandung sekitar 3 gram leucine, yakni salah satu jenis asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk proses pembangunan otot. Dalam sebuah studi, 100 perempuan lanjut usia menambah 170 gram daging merah dalam pola makan mereka dan melakukan olahraga. Hasilnya, mereka berhasil menambah berat badan dan kekuatannya bertambah sekitar 18%.

4. Kacang-kacangan




Kacang-kacangan dan selai kacang adalah pilihan kudapan yang tepat bagi Anda yang ingin menambah berat badan. Hal ini karena kacang merupakan salah satu makanan tinggi kalori. Segenggam almond mengandung 7 gram protein dan 18 gram lemak sehat. Mengonsumsi kacang setidaknya dua genggam sehari dapat menambah ratusan kalori.

5. Ikan Berlemak


Salmon, tuna, dan makerel adalah beberapa contoh makanan yang bagus untuk program menaikkan berat badan Anda. Ikan berlemak merupakan sumber protein dan lemak sehat terbaik. 170 gram salmon menyediakan 350 kalori, 34 gram protein kualitas tinggi, dan 4 gram omega-3. Semua hal ini dapat membantu proses meningkatkan berat badan Anda. 

6. Alpukat


Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak baik yang bagus untuk tubuh. Memasukkan alpukat yang padat kalori dalam pola makan Anda dapat membantu menaikkan berat badan. Satu buah alpukat besar mengandung sekitar 322 kalori, 29 gram lemak baik, dan 17 gram serat. Selain itu, alpukat juga tinggi vitamin, mineral, dan beragam nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. 

7. Buah Kering


Menjadikan buah kering sebagai kudapan sehari-hari juga dapat membantu program menaikkan berat badan, Moms. Buah kering mengandung tinggi kalori, antioksidan, serat, vitamin, mineral, dan mikronutrisi. Jadi tak hanya membantu menaikkan berat badan, tapi juga bisa menjaga tubuh dari polusi dan melengkapi kecukupan nutrisi sehari-hari. Moms bisa campurkan buah kering dengan kacang ataupun yoghurt sebagai camilan siang Anda. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: berat badan,   menambah berat badan,   kesehatan,   nutrisi