Mother&Baby Indonesia
Buah-buahan yang Berkhasiat Membersihkan Paru-paru

Buah-buahan yang Berkhasiat Membersihkan Paru-paru

Kita semua tahu pentingnya fungsi paru-paru sebagai pemasok oksigen bagi tubuh. Sayangnya, banyak yang belum sadar tentang pentingnya menjaga paru-paru agar tetap selalu dalam keadaan bersih dan sehat. Ya, seringnya terpapar polusi dari udara yang kotor maupun asap rokok berisiko menyebabkan paru-paru kita menjadi kotor dan menimbulkan masalah kesehatan.

Untuk menjaga paru-paru tetap sehat dan bersih, kita perlu menjalani pola hidup sehat, misalnya dengan mengonsumsi buah yang bisa membantu tugas tersebut. Kandungan nutrisi di dalam buah memang terkenal memiliki sejuta manfaat kebaikan buat tubuh, salah satunya adalah membersihkan paru-paru.

Berikut ini sejumlah buah yang mampu membersihkan paru-paru Anda dan menjaga kesehatannya.



1. Apel

Mengonsumsi buah apel secara rutin dapat membantu sistem pernapasan. Kandungan senyawa yang ada pada apel dipercaya dapat mencegah masuknya patogen yang mengakibatkan masalah kesehatan pada paru-paru. 

Sebuah penelitian mengenai kesehatan sistem pernapasan mengungkapkan bahwa mengonsumsi apel secara rutin dapat mempercepat penyembuhan kerusakan paru-paru yang diakibatkan oleh asap rokok. Selain itu, kandungan flavonoid pada apel dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker paru-paru.

Anda dapat mengonsumsi apel secara langsung atau dibuat menjadi jus segar. Namun, yang perlu diperhatikan, pastikan untuk menjaga kebersihan apel sebelum Anda mengonsumsinya, ya. Cuci buah apel hingga bersih dengan menggunakan air mengalir.

2. Delima

Delima mengandung flavonoid dan antioksidan. Kedua zat ini bisa membantu memaksimalkan kinerja paru-paru. Buah ini melindungi paru-paru dari tumbuhnya sel-sel kanker, membuang racun, serta mengoptimalkan pasokan darah ke dalam paru-paru.

Senyawa antioksidan dan asam elegic yang banyak terkandung dalam delima ampuh melawan sel kanker. Selain itu, nutrisi dalam buah ini juga cukup tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan harian tubuh bagi pengidap kanker paru-paru yang sedang dalam tahap penyembuhan.



3. Nanas

Nanas tidak hanya memiliki rasa manis dan asam yang menyegarkan, namun juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat buat tubuh, salah satunya adalah membersihkan paru-paru. Senyawa antioksidan pada nanas yang cukup tinggi berkhasiat membantu tubuh menghilangkan zat berbahaya pada paru-paru.

Buah ini juga dipercaya mampu membersihkan nikotin. Nanas mengandung enzim blomerain yang mampu menangkal nikotin. Selain itu, rasa manis khas buah ini bisa membuat perokok berhenti merokok. Jadi, jika Anda hobi merokok, disarankan untuk rutin mengonsumsi buah ini.

4. Jeruk Bali

Dilansir dari laman Dailymail.co.uk, menurut sebuah penelitian, memperbanyak konsumsi jeruk bali bisa membantu menjaga kesehatan paru-paru Anda. Salah seorang peneliti, Dr. Corrine Hanson, mengatakan bahwa jeruk bali kaya akan antioksidan seperti vitamin C yang mampu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan stres oksidatif.

Stres oksidatif ini sendiri biasanya berkaitan dengan kanker. Nah, jeruk bali merupakan resisten yang baik terhadap kanker paru-paru di mana buah ini membantu menghambat enzim yang dapat mengaktifkan kanker paru-paru.

5. Pisang

Pisang merupakan buah yang populer dan disukai banyak orang karena mudah didapat, harganya sangat terjangkau, dan memiliki segudang khasiat untuk kebaikan tubuh, salah satunya adalah menjaga kesehatan paru-paru kita.

Ya, buah berwarna kuning ini dipercaya mampu membantu membersihkan paru-paru. Kandungan kalium yang terdapat pada pisang bermanfaat untuk mempercepat proses pembersihan paru-paru dalam tubuh. Jadi, rutinlah mengonsumsi pisang untuk menjaga paru-paru tetap dalam keadaan bersih dan sehat. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   kesehatan,   buah,   paru-paru