Mother&Baby Indonesia
7 Manfaat Infused Water bagi Kesehatan

7 Manfaat Infused Water bagi Kesehatan

Belakangan, tren meminum infused water marak di kalangan masyarakat. Cara membuat infused water juga mudah, Anda hanya perlu memasukkan potongan buah ke dalam botol yang berisi air mineral kemudian menyimpannya di dalam lemari pendingin untuk setidaknya semalaman agar rasa dan sari buah menyatu dengan air.

Buah-buahan dalam infused water membuat air mineral biasa menjadi memiliki rasa yang berbeda dan lebih menyegarkan apalagi jika diminum dalam keadaan dingin. Tak hanya menyegarkan, infused water juga memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan tubuh Anda! Berikut ini sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari meminum infused water!

1. Melancarkan pencernaan

Karena berisi rendaman sari buah-buahan yang kaya serat dan nutrisi, infused water sangat baik untuk memperbaiki sistem pencernaan Anda lho, Moms! Tak hanya itu, asupan cairan yang cukup sangat penting untuk menghidrasi tubuh sekaligus kesehatan pencernaan guna mempermudah kinerja usus dalam mencerna makanan.



Infused water juga bisa mengatasi berbagai masalah pencernaan dengan cepat. Ketika Anda mengalami sulit buang air besar (BAB), Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi infused water rutin setiap hari, maka masalah itu akan segera hilang dengan efektif karena kinerja usus Anda jadi terbantu.

2. Antioksidan alami

Moms, manfaat infused water yang lainnya adalah sebagai antioksidan. Seperti diketahui, antioksidan adalah zat yang dapat mencegah atau menunda beberapa jenis kerusakan sel akibat proses oksidasi oleh oksidan. Untuk mendapatkan khasiat antioksidan dari infused water, tambahkan buah beri favorit, seperti blueberry, strawberry, blackberry, dan raspberry, untuk menyuplai antioksidan yang banyak. Buah-buahan ini juga akan memberikan sedikit rasa manis untuk meningkatkan rasa minuman.

3. Detoksifikasi

Salah satu buah yang sering dimasukkan ke dalam infused water adalah lemon. Mengonsumsi infused water dengan potongan lemon dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Detoksifikasi merupakan proses membuang zat-zat beracun yang ada di dalam tubuh. Proses detoksifikasi akan membantu kinerja hati, ginjal, dan sistem pencernaan lainnya dalam membuang kotoran. Lemon mengandung asam sitrat yang efektif mengoptimalkan kinerja hati, ginjal dan sistem pencernaan lainnya untuk melakukan proses detoksifikasi.



4. Menjaga pH tubuh

Infused water dengan potongan lemon juga bisa mengatur kadar pH (keasaman) dalam tubuh. Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat membantu mempertahankan pH dalam jumlah yang ideal. Hal tersebut dapat membantu mencegah terjadinya penambahan berat badan, penyakit jantung, dan penyakit yang berhubungan dengan masalah jantung lainnya. Seperti diketahui, setiap sel tubuh terdiri dari air sehingga kadar pH sangatlah penting.

5. Mengganti fungsi ion pada tubuh

Tubuh kita setiap harinya membutuhkan ion yang baru sebagai pengganti ion-ion yang hilang. Hilangnya ion sendiri disebabkan oleh beberapa hal, seperti tingginya aktivitas atau karena suatu penyakit. Nah, dengan infused water lemon, anda bisa mengganti ion-ion yang hilang asalkan dikonsumsi secara teratur.

6. Anti-penuaan

Mengonsumsi infused water juga dipercaya mampu melawan efek penuaan dan mampu menangkal radikal bebas. Bukan tanpa alasan, kombinasi antara buah dan air mineral mengandung antioksidan yang cukup kaya, misalnya pada buah strawberry dan delima. Kedua buah tersebut bisa dikombinasikan bersama air mineral dengan aneka buah-buahan kaya antioksidan sehingga jumlah tersebut lebih maksimal untuk melengkapi pola makan setiap hari.

7. Pengganti minuman perasa

Bagi sebagian orang yang tidak terlalu menyukai minum air putih, infused water bisa menjadi pilihan cara lain meminum air putih namun dengan tetap memiliki rasa. Buah-buahan yang direndam di dalam air akan mengeluarkan sarinya dan memberikan varian rasa pada air mineral. Jadi, Anda bisa tetap merasa minum minuman perasa namun dengan lebih sehat dan tanpa perlu gula tambahan. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: infused water,   nutrisi,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020