Mother&Baby Indonesia
8 Jenis Buah untuk Membuat Kulit Sehat dan Awet Muda

8 Jenis Buah untuk Membuat Kulit Sehat dan Awet Muda

Sudah bukan rahasia lagi, mengonsumsi makanan sehat tentu tak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga mencegah penuaan dini. Nah, buah-buahan merupakan salah satu kelompok makanan yang tidak boleh ketinggalan di menu harian Anda nih, Moms.

Mau tahu buah apa saja yang bisa membantu Anda terlihat awet muda? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

Lemon

“Vitamin C sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan, dan ini juga penting untuk menjaga kulit Anda terlihat cerah dan lebih muda,” ujar Sharon Moalem, M.D., Ph.D, penulis The DNA Restart.



Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Clinical Nutrition menemukan fakta bahwa wanita yang mengonsumsi lemon dalam jumlah banyak memiliki kulit yang lebih lembut dan kerutan yang lebih sedikit.

Alpukat

Moms pasti sudah tahu kalau buah ini kaya akan lemak sehat, serat, dan berbagai vitamin juga mineral yang baik untuk tubuh dan kulit Anda. Alpukat juga mengandung komponen unik bernama polyhydroxylated fatty alcohols, yang membantu melawan inflamasi dan melindungi kulit dari sinar matahari langsung.

Tomat

Buah yang satu ini memiliki kandungan lycopene, salah satu bentuk karotenoid yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker prostat. Sebuah penelitian juga menunjukkan kalau buah tomat membantu melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari. 

Bahkan sebuah penelitian yang dimuat di National Center for Biotechnology Information menyebutkan wanita yang mengonsumsi kombinasi makanan tinggi lycopene dan tanaman antioksidan bisa mengurangi kedalaman kerutan dalam 15 minggu.

Delima

Mengutip Healthline, buah delima atau pomegranate adalah salah satu buah yang mengandung antioksidan tertinggi dibanding buah lain. Kandungan ini tentu baik untuk mencegah penuaan dini, mencegah inflamasi, dan mencegah kerusakan pembuluh darah akibat tingginya kadar gula darah dalam tubuh.



Lebih pentingnya lagi, buah delima efektif membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari langsung lho, Moms!

Nanas

“Nanas kaya akan kandungan mineral bernama mangan, yang dibutuhkan tubuh untuk mengaktifkan enzim prolidase. Enzim ini menghasilkan prolin asam amino yang penting untuk formasi kolagen di kulit. Ini sangat penting untuk kekuatan dan elastisitas kulit,” jelas Lisa Hayim, R.D., pada Redbook.com.

Blueberry

Menurut Lisa DeFazio, celebrity nutrionist, buah blueberry memberikan perlindungan yang baik untuk melawan radikal bebas perusak kulit dari paparan sinar matahari, stres, polusi. Buah ini juga kaya vitamin C yang baik untuk mencegah kerutan di kulit lho, Moms.

Semangka

Tak hanya enak, buah ini juga kaya akan licopene, yang berfungsi sebagai tabir surya alami untuk melindungi kulit dari sinar IV. Kandungan air dalam buah semangka juga sangat banyak, ini baik untuk menutrisi kulit dan mencegahnya dari dehidrasi.

Zaitun

Buah zaitun atau olive adalah sumber polyphenol yang sangat baik, ini sangat tepat untuk membantu melindungi DNA dan menjaga kulit Anda tetap sehat juga terlihat lebih muda. Tak hanya buah zaitun, minyak zaitun juga baik untuk menjaga kulit agar awet muda lho, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: buah,   antioksidan,   kulit,   kesehatan,   kecantikan,   nutrisi