Mother&Baby Indonesia
6 Buah-buahan yang Baik untuk Kesehatan Vagina

6 Buah-buahan yang Baik untuk Kesehatan Vagina

Banyak wanita yang mengabaikan kesehatan vagina. Padahal kesehatan organ intim wanita ini berpengaruh terhadap banyak hal, antara lain kesuburan, kehidupan seks, serta kemampuan Anda dalam mencapai orgasme.

Masalah pada organ intim bisa memicu penyakit serius, juga memengaruhi kehidupan sosial seperti kehilangan rasa percaya diri dan stres. Jadi jangan pandang sebelah mata terhadap kesehatan vagina.

Sekilas, vagina hanya tampak seperti organ kecil yang mudah dirawat. Akan tetapi bila ditelaah lebih jauh, vagina berhubungan langsung dengan leher rahim dan rahim. Organ ini lebih kompleks dan rumit dibandingkan kelihatannya. Oleh sebab itu, perawatannya pun harus dilakukan secara tepat.



Selain dirawat, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang tepat guna menunjang kesehatan organ intim Anda tersebut. Berikut adalah jenis buah-buahan yang memiliki manfaat bagus bagi kesehatan vagina.

1. Alpukat

Alpukat menjadi salah satu buah yang baik untuk kesehatan vagina. Buah ini mengandung lemak baik, vitamin B6, serta kalium yang memiliki efek baik terhadap libido wanita. Alpukat merupakan salah satu makanan yang mampu memicu tubuh dalam memproduksi pelumas alami serta meningkatkan kadar hormon estrogen. Selain itu, alpukat juga diyakini cukup baik dalam meningkatkan keberhasilan kehamilan karena kandungan lemak tak jenuh di dalamnya.

2. Jeruk

Buah yang satu ini mengandung rendah kalori yang mampu menurunkan risiko gagal ginjal. Jika dikonsumsi secara rutin, fibroid pada rahim perlahan akan meningkat. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengonsumsi dua buah jeruk atau lebih dalam sehari guna mengembangkan fibroid dalam rahim.

Perlu diketahui, fibroid rahim adalah pertumbuhan massa yang bersifat non-kanker di dalam atau di luar rahim. Selain itu, buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini juga mampu menguatkan sistem imun tubuh, serta membuat kulit vagina menjadi lebih lembut dan elastis. Jika kamu memiliki kulit vagina yang elastis, melakukan hubungan seksual menjadi lebih nikmat dan terhindar dari risiko lecet.



3. Kranberi

Kranberi mengandung tinggi antioksidan serta senyawa asam yang mampu menurunkan risiko terjadinya infeksi pada vagina. Bukan itu saja, kranberi juga bermanfaat dalam mencegah penyakit infeksi saluran kemih (ISK) yang biasanya dialami wanita. Kranberi diperkaya kandungan vitamin C dan E yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Apel

Tahukah Moms? Mengonsumsi apel setiap hari dapat membantu meningkatkan performa di atas ranjang, lho! Buah yang satu ini juga mampu meningkatkan fungsi seksual, gairah, serta kemampuan orgasme. Buah ini bekerja dengan cara merangsang aliran darah menuju vagina.

5. Pisang

Pisang mengandung kalori, vitamin B6, vitamin C, mangan, kalium, biotin, serta tembaga. Sifat antioksidan dan antiinflamasi di dalamnya sangat baik bagi tubuh serta kulit. Pisang juga mampu mendorong kegiatan seksual yang berujung pada pembuahan.

6. Lemon

Sifat asam pada lemon menjadikan buah ini sebagai buah yang baik untuk kesehatan vagina karena mampu menjaga kadar pH normal di dalamnya. Antioksidan dalam lemon juga mampu membantu melindungi sel-sel dalam tubuh akibat paparan radikal bebas.

Lemon juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi lemon yang telah dicampur air hangat dan madu sebanyak 1-2 kali sehari. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: buah,   vagina,   nutrisi,   kesehatan