Mother&Baby Indonesia
Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Sebelum Berolahraga

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Sebelum Berolahraga

Suka olahraga, Moms? Sebelum berolahraga, apakah Anda merasa perlu mengisi perut terlebih dulu? Memang, makanan yang kita konsumsi tersebut bisa menjadi energi untuk melakukan olahraga, karena kondisi perut yang kosong malah bisa membuat kita tidak punya cukup tenaga saat berolahraga.

Meskipun demikian, kita tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan sebelum melakukan olahraga lho, Moms! Kita perlu perhatikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi sesaat sebelum olahraga, karena beberapa makanan dan minuman tertentu justru buruk dan merusak efektivitas latihan fisik Anda serta mengakibatkan perut jadi bermasalah.

Guna menghindari hal tersebut, berikut ini sejumlah makanan dan minuman yang sebaiknya tidak kita konsumsi sebelum berolahraga, seperti dilansir dari Boldsky.



1. Sayuran hijau

“Sayuran hijau atau salad memang makanan yang menyehatkan, tapi itu bukan pilihan terbaik sebelum berolahraga,” sahut Erica Giovinazzo, ahli gizi dan pelatih di Brick CrossFit, New York. “Semua sayuran yang mengandung tinggi serat dapat memperlambat pencernaan. Hal ini bisa mengakibatkan perut kembung dan menghasilkan gas selama olahraga”, ujar Giovinazzo. Alhasil, kondisi tersebut justru akan menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu Anda saat olahraga.

2. Susu dan produk olahannya

Susu dan produk olahannya seperti keju memang kaya akan protein dan kalsium yang dibutuhkan oleh orang yang berolahraga secara rutin. Namun, mengonsumsi produk susu sebelum olahraga bukanlah ide bagus, karena hal tersebut bisa menyebabkan penumpukan gas di dalam perut Anda yang bisa mengakibatkan kembung, sehingga perut menjadi terasa tidak nyaman atau bahkan sakit.

Selain itu, produk susu umumnya tinggi lemak dan lama dicerna, sehingga setelah mengonsumsinya bisa membuat tubuh terasa lesu saat berolahraga. Sebaiknya konsumsi susu, keju, atau yoghurt usai berolahraga ya, Moms.

3. Roti putih

Mengonsumsi karbohidrat sehat dapat memberi Anda energi dan bahan bakar yang dibutuhkan selama sesi latihan olahraga. Namun, ada beberapa jenis karbohidrat yang kurang menyehatkan dan tidak disarankan untuk dikonsumsi sebelum berolahraga, seperti roti putih atau nasi putih, karena berpotensi membuat Anda kembung dan justru bisa mengurangi energi yang Anda butuhkan ketika olahraga.



4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memang baik untuk dikonsumsi karena mengandung lemak sehat. Namun, yang perlu Anda ketahui, lemak merupakan nutrisi yang lambat dicerna. Semakin tinggi kandungan lemak yang ada dalam makanan, semakin lama makanan tersebut dicerna, sehingga akan sulit digunakan sebagai energi untuk berolahraga.

5. Makanan pedas

Jika Anda penggemar makanan pedas, Anda mesti menghindari makanan satu ini sebelum berolahraga ya, Moms. Pasalnya, makanan dengan banyak bumbu dan memiliki rasa pedas butuh waktu lama untuk bisa dicerna. Makanan jenis ini bisa menimbulkan masalah di pencernaan serta membuat perut jadi sakit dan olahraga jadi tidak optimal.

6. Makanan tinggi lemak

Bukan hanya makanan yang mengandung lemak jahat, seperti junk food yang harus Anda hindari, makanan yang memiliki kadar lemak baik tinggi seperti alpukat pun bisa mengganggu efektivitas olahraga Anda. Lemak jauh lebih lama untuk diubah menjadi energi dibandingkan karbohidrat dan protein, sehingga Anda akan sulit menggunakan energi untuk berolahraga. Selain itu, alpukat juga tinggi serat sehingga bisa membuat perut kembung dan penuh gas.

7. Minuman berenergi

Minuman berenergi umumnya berkarbonasi atau bersoda dan mengandung banyak gula atau pemanis buatan. Mengonsumsi minuman jenis ini bisa membuat Anda malah jadi lemas dan lesu karena dibutuhkan banyak energi tubuh untuk mencerna gula. Belum lagi, minuman jenis ini bisa menyebabkan gas dan membuat perut menjadi kembung. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   kesehatan,   olahraga