Mother&Baby Indonesia
Anti Bad Mood, Konsumsi 7 Makanan Ini Moms!

Anti Bad Mood, Konsumsi 7 Makanan Ini Moms!

Saat bad mood, Anda mungkin tergoda untuk membuka kulkas dan mencari makanan yang Anda suka. Tak ada salahnya, karena melansir Everyday Health, Kari Kooi, MS, RD, LD, ahli diet klinis di Methodist Hospital di Houston mengatakan bahwa pola makan tak rutin dapat menyebabkan mood yang buruk karena otak membutuhkan bahan bakar yang berkelanjutan.

Tapi jangan asal makan, Moms. Makan sembarangan malah bisa menyebabkan mood semakin buruk. Penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Psychiatry menemukan bahwa orang-orang yang gemar makan junk food berisiko tinggi untuk mengalami depresi dan bad mood. M&B sudah merangkum beberapa makanan sehat yang terbukti ampuh untuk mengatasi bad mood. Simak yuk, Moms!

1. Cokelat




Para ahli menyatakan bahwa cokelat, khususnya cokelat hitam, dapat membantu mengurangi hormon stres pada tubuh. Menurut penelitian terbaru yang dimuat di Journal of Preteome Research, memakan 1,4 ons cokelat hitam mampu menurunkan hormon stres (kortisol dan katekolamin) yang terkandung dalam tubuh, mengurangi rasa khawatir, dan membantu fokus.

2. Ikan


Sedang bekerja lalu merasa mentok dan frustrasi? Ikan berlemak adalah kuncinya. Ikan berlemak seperti salmon dan tuna kaya akan berbagai jenis omega-3, yakni lemak esensial yang tidak diproduksi tubuh. Docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) merupakan jenis lemak omega-3 yang berkaitan erat dengan penurunan depresi. Selain itu, otak Anda sangat membutuhkan lemak ini agar dapat berfungsi maksimal, Moms.

3. Yoghurt


Pada dasarnya, berbagai makanan fermentasi seperti kimchi maupun yoghurt dipercaya mampu membantu perbaikan mood. Makanan yang telah melalui proses fermentasi mengandung banyak probiotik yang berguna bagi kesehatan usus dan meningkatkan tingkat serotonin pada tubuh. Probiotik ini mendukung kesehatan mikroba dan bakteri baik pada usus. Sekitar 90% serotonin tubuh dibentuk oleh mikroba atau bakteri baik pada usus.

4. Pisang




Tinggi akan vitamin B6, pisang membantu produksi dopamin dan serotonin yang mampu menciptakan perasaan bahagia. Selain itu, pisang juga mengandung cukup gula dan serat sehingga bisa membantu menjaga gula darah dan mengontrol mood. Gula darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan Anda jadi mudah marah dan mengalami perubahan mood yang buruk.

5. Oat


Sebagai salah satu jenis gandum-ganduman, oat dapat membantu mood Anda terjaga seharian. Oat kaya akan serat yang mampu menjaga energi stabil dan mengandung banyak zat besi yang mampu menjaga gula darah stabil. Gula darah yang di bawah normal dapat menyebabkan anemia dan menimbulkan gejala kelelahan berlebih, lesu, dan gangguan mood.

6. Buah Beri


Berbagai buah beri mengandung jumlah antioksidan dan senyawa fenolik yang membantu mengatasi stres oksidatif, yakni stres yang disebabkan oleh ketidakseimbangan senyawa dalam tubuh. Buah beri biasanya tinggi akan anthocyanin. Sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Molecules pada tahun 2018 menemukan bahwa orang yang memiliki pola makan kaya anthocyanin berkaitan dengan risiko depresi yang lebih rendah 39%, dibandingkan dengan mereka yang tidak.

7. Teh


Melansir Woman’s Day, teh hijau mengandung theanine yang dapat membantu Anda tenang dan menjaga konsentrasi. Rendah kafein, teh hijau juga akan membangun semangat dengan lembut pada tubuh Anda. Selain itu, melansir Everyday Health teh hitam dapat membantu mengurangi hormon kortisol yang berperan besar atas mood buruk yang seharian Anda rasakan. Tak hanya itu, teh hitam juga dapat membantu mengatasi sakit kepala dan membantu memperbaiki ingatan Anda lho, Moms! (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   makanan,   mood,   bad mood