Mother&Baby Indonesia
Logan Rice, Beras Kaya Nutrisi untuk Penderita Diabetes

Logan Rice, Beras Kaya Nutrisi untuk Penderita Diabetes

Selain makanan manis, nasi putih juga menjadi musuh bagi para penderita diabetes. Kandungan glikemik yang tinggi pada nasi putih dapat berisiko menimbulkan lonjakan kadar gula darah sehingga penderita diabetes disarankan untuk menghindari mengonsumsi nasi putih.

Untuk menggantikan nasi putih ini, biasanya penderita diabetes memilih mengonsumsi nasi merah. Namun kini penderita diabetes juga bisa memilih Logan Rice sebagai pengganti nasi putih atau nasi merah. Apa itu Logan Rice?

Logan rice merupakan kependekan dari Low Glycemic and High Nutrition Analog Rice yang ditemukan oleh Dania Wijayanti dan Rizqina Faizana, siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Kota Malang ini merupakan inovasi beras  khusus untuk para penderita diabetes. Logan Rice merupakan inovasi beras analog bernutrisi dan rendah glikemik hasil perpaduan dari beberapa bahan pangan lokal yang kaya nutrisi yang terbuat dari campuran ganyong, bayam, dan tiwul.



Secara bentuk, Logan Rice mirip dengan beras, memiliki nutrisi tinggi dan lebih sehat. Proteinnya lebih tinggi daripada beras biasa dan memiliki kandungan serat yang tinggi serta kadar gilkemik yang rendah.

Keunggulan Logan Rice

Dibandingkan beras biasa atau beras padi, Logan Rice memiliki kandungan nutrisi yang lebih unggul. Logan rice mengandung kadar protein yang tinggi dan rendah glikemik sehingga aman bila dikonsumsi para penderita diabates.

Selain itu, Logan Rice juga cocok untuk dikonsumsi saat seseorang sedang menjalankan diet karena kandungan glikemik yang rendah pada Logan Rice ini diketahui sangat bagus untuk mengurangi konsumsi gula sehingga dapat menurunkan berat badan secara perlahan.

Bahan Logan Rice Mudah Didapat

Kelebihan lain dari Logan Rice di antaranya bahan-bahan pembuatnya juga cukup mudah didapat. Anda bisa membuatnya dengan mencampurkan tepung ganyong dan bahan lainnya, lalu diuleni. Setelah itu, Anda bisa mencetaknya menjadi seperti buliran beras, lalu masukkan ke oven selama 1 jam 50 menit dengan suhu 100 derajat Celsius.



Waktu Memasak Lebih Cepat

Waktu memasak Logan Rice ini juga ternyata lebih cepat dibandingkan dengan memasak beras biasa. Setelah campuran selesai di oven, Anda bisa menanak berasnya menggunakan rice cooker. Nah waktu menanaknya inilah yang diketahui lebih cepat daripada menanak nasi biasa.

Melansir laman Kapanlagi.com, menurut Dania, bila saat menanak satu cup beras membutuhkan waktu 15 menit, makan waktu menanak Logan Rice hanya memakan waktu selama 8 hingga 10 menit.

Bagi penderita diabetes yang tertarik mengonsumsi Logan Rice ini, Anda bisa mengonsumsinya tanpa lauk maupun dimakan dengan lauk. Cara lainnya Anda juga bisa mencampurkan Logan Rice dengan susu.

Tertarik untuk mencobanya, Moms dan Dads? (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: beras,   logan rice,   nutrisi,   diabetes