Mother&Baby Indonesia
Makanan Kaya Zat Besi yang Baik untuk Pertumbuhan Anak

Makanan Kaya Zat Besi yang Baik untuk Pertumbuhan Anak

Zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan anak untuk tumbuh kembangnya. Mengapa demikian? Hal ini karena zat besi digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan hemoglobin. Hemoglobin adalah protein yang membantu darah membawa oksigen dan mengirimkannya ke semua sel yang ada di dalam tubuh.

Tanpa hemoglobin, tubuh akan berhenti memproduksi sel darah merah yang sehat sehingga otot, jaringan, dan sel pada anak Anda tidak akan mendapatkan cukup oksigen yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, M&B telah merangkum beberapa makanan yang mengandung zat besi yang baik untuk pertumbuhan anak. Dikutip dari Healthline, tidak hanya susu, anak-anak juga membutuhkan makanan kaya zat besi lainnya, antara lain: 

1. Daging Tanpa Lemak

Daging sapi, hati ayam, dan daging kalkun merupakan makanan yang mengandung banyak zat besi. Makanan-makanan ini sangat baik dikonsumsi Si Kecil untuk membantu pertumbuhannya. Cobalah untuk membuat sup, spaghetti dengan saus daging dan tomat, atau olahan makanan dari daging tanpa lemak lainnya yang dimasak dengan baik. Pastikan untuk menghilangkan bagian berlemak dari daging, karena bagian tersebut hanya mengandung sedikit zat besi, Moms.



2. Sereal

Sereal yang diperkaya dengan zat besi dan memiliki kadar gula yang rendah seperti oatmeal adalah salah satu pilihan makanan yang tepat untuk memastikan anak Anda mendapatkan cukup zat besi. Satu porsi sereal dan oatmeal yang diperkaya dengan zat besi mampu memenuhi hampir 100 persen dari kebutuhan harian anak untuk zat besi. Cobalah untuk memberikan sereal kaya zat besi beberapa kali dalam seminggu pada anak Anda sebagai menu sarapan ditambah dengan potongan buah bluberi atau stroberi sebagai tambahan vitamin C.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, kacang merah, dan lentil, diperkaya dengan dengan vitamin dan mineral penting, termasuk zat besi. Tak hanya itu, buncis juga merupakan jenis kacang lain yang mengandung banyak zat besi dan camilan yang enak untuk balita (dan bahkan orang dewasa!). Anda dapat mencoba menyajikan kacang panggang dengan sepotong roti gandum untuk menu makan siang Si Kecil.



4. Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Sayuran berdaun hijau gelap seperti kangkung, brokoli, dan bayam adalah beberapa pilihan sayuran kaya akan zat besi yang baik untuk pertumbuhan Si Kecil. Cobalah untuk menyajikan bayam rebus pada anak Anda, karena dalam setengah cangkir bayam terkandung sekitar 3 miligram zat besi. Anda juga dapat mencoba menambahkan kacang dan sayuran berdaun hijau gelap dengan telur dadar atau telur orak-arik untuk meningkatkan kandungan zat besinya. Ini karena, telur juga merupakan makanan sumber zat besi yang baik.

5. Tuna

Makanan mengandung zat besi berikutnya adalah tuna. Tuna mengandung zat besi dan nutrisi penting lainnya seperti asam lemak omega-3 yang baik untuk pertumbuhan Si Kecil. Gabungkan tuna dengan puree sayuran untuk meningkatkan asupan zat besi anak Anda. Namun, hindari makanan ini jika anak Anda memiliki alergi terhadap makanan laut ya, Moms.

4. Selai Kacang

Tak hanya kacang-kacangan, kacang yang telah diolah menjadi selai kacang pun juga dapat menjadi pilihan makanan kaya zat besi, yang dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi anak Anda. Moms bisa menggabungkan selai kacang dengan roti gandum atau oatmeal sebagai menu sarapan pagi atau camilan bagi anak Anda. Namun, Anda perlu memilih selai kacang dengan bijak ya, karena beberapa produk selai kacang mengandung tambahan minyak, gula, dan garam sehingga kandungan nilai nutrisinya berubah. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Diana.grytsku/Freepik)



Tags: nutrisi,   zat besi,   anak,   bayi,   balita,   makanan kaya zat besi