Mother&Baby Indonesia
Manfaat Popcorn untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Manfaat Popcorn untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Popcorn merupakan salah satu makanan ringan yang digemari banyak orang. Biasanya, popcorn menjadi camilan yang wajib ada saat kita menonton film bersama. Meskipun begitu, banyak orang yang masih mengira bahwa popcorn termasuk camilan yang tidak menyehatkan. Padahal, popcorn ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho!

Popcorn sendiri merupakan makanan ringan yang terbuat dari jagung, jadi memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat. Selain mengandung serat yang cukup tinggi, dalam 100 gram popcorn tawar terkandung vitamin B1, B3, B6, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, zinc, dan mangan.

Manfaat popcorn sendiri akan lebih optimal jika dikonsumsi tanpa tambahan rasa atau penyedap. Seperti dilansir dari Hellosehat.com, popcorn tawar sebenarnya hanya mengandung 1 gr lemak dan 3 gr protein per porsi. Namun, ini tentu akan berbeda jika popcorn dibuat dengan minyak atau mentega. Mau tahu apalagi manfaat mengonsumsi popcorn sebagai camilan? simak penjelasannya berikut ini!



1. Menurunkan Kolesterol

Seperti sudah disebutkan di atas, popcorn mengandung serat yang cukup tinggi. Nah, serat berfungsi menghilangkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dan arteri sehingga mengurangi keseluruhan kadar kolesterol di tubuh Anda. Serat juga dapat membantu menurunkan kemungkinan kondisi kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

2. Baik untuk Gula Darah

Karena memiliki jumlah serat yang cukup banyak, mengonsumsi popcorn bisa membantu mengatur pelepasan dan pengelolaan kadar gula darah dan insulin pada tubuh. Hal ini tentu bermanfaat dalam mencegah terjadinya diabetes. Namun, popcorn yang Anda konsumsi sebaiknya adalah yang organik dan belum ditambah dengan berbagai penyedap ya, Moms!

3. Mencegah Penuaan

Popcorn dapat mengobati permasalahan terkait usia, seperti keriput, bintik-bintik penuaan, degenerasi makula dan kebutaan, kelemahan otot, dan rambut rontok. Popcorn dapat membuat Anda tetap sehat, berkat antioksidan kuat yang ada di dalamnya.



4. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam popcorn bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Dalam satu porsi popcorn, terkandung serat sebanyak 3,6 gram. Kandungan serat dalam popcorn akan membuat Anda merasa kenyang dan menghambat pelepasan hormon kelaparan.

5. Baik untuk Diet

Popcorn tawar punya kalori 5 kali lebih sedikit daripada keripik kentang. Ngemil popcorn hanya menyumbang kalori yang relatif kecil ke dalam tubuh. Satu porsi popcorn tawar cuma mengandung sebanyak 93 kalori. Jadi, popcorn bisa Anda jadikan alternatif camilan sehat saat sedang diet.

6. Baik untuk Pertumbuhan Tulang

Salah satu kandungan dalam popcorn adalah mangan yang bisa membantu membangun dan memelihara tulang yang sehat dan padat. Mangan membantu untuk mendukung struktur tulang dan melindungi terhadap osteoporosis, artritis, dan osteoartritis.

7. Mencegah Kanker

Popcorn juga mengandung sejumlah besar senyawa polifenol, salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan polifenol dalam popcorn juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit kanker, seperti kanker payudara dan kanker prostat. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: popcorn,   nutrisi,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020