Mother&Baby Indonesia
Mengenal Pisang Agung Semeru dan Manfaatnya untuk Tubuh

Mengenal Pisang Agung Semeru dan Manfaatnya untuk Tubuh

Pisang merupakan salah satu buah yang populer dan disukai banyak orang. Memiliki rasa yang lezat dengan tekstur yang lembut ditambah harganya yang terjangkau serta mudah didapat, membuat buah ini menjadi favorit sebagian besar masyarakat kita.

Tak hanya lezat, pisang juga punya segudang manfaat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan kita. Pisang mengandung banyak serat dan antioksidan yang berkhasiat bagi tubuh. Buah ini kaya akan vitamin A, B, C, dan E, serta nutrisi lain, seperti potasium, magnesium, kalsium, fosfor, folat, karoten, dan asam amino.

Pisang Agung Semeru

Buah pisang juga memiliki varietas dan jenis yang beraneka ragam, salah satunya adalah varietas pisang Agung Semeru. Pernah dengar tentang jenis pisang yang satu ini, Moms? Pisang Agung Semeru merupakan jenis pisang dari Lumajang, sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Ya, Lumajang yang berada di kaki Gunung Semeru ini memang dikenal dengan julukan Kota Pisang karena daerah ini diakui sebagai penghasil pisang. Salah satu varietas pisang yang terkenal dari Lumajang adalah pisang Agung Semeru. Jenis pisang ini bahkan telah menjadi ikon Kota Lumajang.



Varietas pisang ini sendiri berbentuk silindris dengan pangkal batang berwarna hijau muda kemerahan, daun berukuran panjang, lebar, dan pipih dengan tulang daun bagian bawah berwarna kemerahan. Adapun buahnya berukuran besar berbentuk silindris berwarna hijau dengan kulit buah tebal sehingga tahan disimpan 3-4 minggu setelah petik dan rasa buah manis.

Buah pisang Agung Semeru banyak digunakan sebagai bahan baku kripik pisang oleh pengrajin industri rumah tangga skala kecil dan menengah. Masa simpan buah yang lama merupakan keuntungan tersendiri, sehingga buah masak dapat dimanfaatkan sebagai bahan olahan lain seperti dodol, getuk, dan sale pisang.

Manfaat Pisang Agung Semeru

Buah pisang Agung Semeru juga memiliki manfaat yang baik, bahkan disebut-sebut lebih baik dari pisang pada umumnya. Dilansir dari Bisnis.com, berdasarkan penelitian di Ma Chung Research Center for Photosynthetic Pigments, Universitas Ma Chung, Malang, Jawa Timur, ditemukan bahwa nutrisi provitamin A pada pisang Agung Semeru dari Kabupaten Lumajang lebih tinggi 40 hingga 90 kali lipat dibandingkan dengan pisang cavendish impor.



Vitamin A bukan saja penting untuk kesehatan mata, melainkan juga diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan sel dan jaringan tubuh jika terjadi kerusakan. Vitamin A juga menjadi salah satu vitamin yang penting untuk kinerja organ tubuh dan sistem kekebalan tubuh.

“Kebutuhan harian seseorang untuk mendapat asupan vitamin A dan nutrisi cukup dipenuhi dengan mengonsumsi 150 gram pisang Agung Semeru,” ujar Rosita D. Chandra, peneliti Ma Chung Research Center for Photosynthetic Pigments (MRCPP). Lebih jauh lagi, berdasarkan penelitian tersebut, terungkap bahwa selain kaya provitamin A, pisang Agung Semeru juga kaya asam amino, asam organik, dan gula yang dibutuhkan tubuh sehat.

Hasil dari penelitian ini juga telah dimuat dalam International Journal of Food Science. Diharapkan hasil penelitian ini bisa memberikan masyarakat pilihan bahan pangan kaya gizi dengan harga yang relatif murah. Nah, tertarik untuk mencobanya, Moms? Atau jika Anda pergi berlibur ke daerah Jawa Timur, jangan lupa membeli oleh-oleh pisang Agung Semeru untuk keluarga, ya. (Binar MP/SW/Dok. Istimewa)



Tags: buah,   pisang,   pisang agung semeru,   nutrisi