Mother&Baby Indonesia
Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan Tubuh Anda

Bagi umat Islam, puasa Senin Kamis merupakan salah satu ibadah sunah yang umum dilakukan. Puasa ini menjadi salah satu puasa sunah yang kerap dikerjakan oleh Rasulullah SAW. Apakah Anda juga sering melakukannya, Moms? Kalo ya, pertahankan terus kebiasaan ini, ya.

Banyak orang melakukan ibadah puasa Senin Kamis untuk memperoleh keberkahan dari Allah SWT. Namun, selain mendapat keberkahan dan pahala, puasa Senin Kamis juga sangat baik untuk tubuh kita, lho! Ini manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan.

1. Mengistirahatkan Organ Pencernaan

Sistem pencernaan termasuk salah satu organ yang sibuk bekerja setiap hari. Karena itu, pencernaan Anda mesti diberikan waktu untuk beristirahat. Nah, dengan melakukan puasa Senin Kamis, pencernaan secara rutin akan beristirahat dari kesibukan mencerna makanan. Dengan mengistirahatkan pencernaan, Anda sekaligus menjaga kinerjanya tetap baik dan lancar. Sistem pencernaan yang lancar akan membuat kita jauh dari masalah pencernaan.



2. Proses Detoksifikasi

Puasa Senin Kamis berguna untuk membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Setiap hari tubuh kita terpapar oleh racun, baik dari luar tubuh maupun dari dalam tubuh. Makanan dan minuman yang kita konsumsi pun bisa menyumbang racun dari sisa-sisa hasil metabolisme tubuh. Saat berpuasa Senin Kamis, hal ini dimanfaatkan tubuh untuk melakukan pembersihan diri dan beristirahat sejenak.

3. Menurunkan Kadar Lemak

Kelebihan lemak bisa mendatangkan bermacam penyakit. Puasa Senin Kamis dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Saat berpuasa, tubuh kita akan menggunakan lemak sebagai sumber energi. Dengan demikian, kelebihan lemak akan berkurang dan tubuh terhindar dari ancaman penyakit berbahaya.

4. Mengurangi Risiko Diabetes 2

Puasa Senin Kamis dapat mengatur tingkat gula darah dalam tubuh anda. Dengan berpuasa, tubuh akan menggunakan glukosa untuk mendapatkan energi. Hal tersebut juga akan menurunkan produksi insulin tubuh. Hasilnya, tubuh akan mengalami penurunan gula darah.



5. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan puasa Senin Kamis membantu menurunkan risiko serangan jantung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah sistolik orang yang berpuasa mengalami penurunan. Penurunan tekanan darah sistolik mengurangi tekanan pada arteri sekaligus risiko serangan jantung.

6. Meningkatkan Daya Ingat

Puasa Senin Kamis dapat membantu sel saraf memperbaiki kerusakan oksidatif pada DNA. Penelitian menunjukkan seseorang yang berpuasa mengalami peningkatan kemampuan daya ingat dan jadi lebih mudah untuk fokus.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Anda punya masalah dengan berat badan yang berlebih? Puasa Senin Kamis bisa menjadi solusinya. Karena melancarkan metabolisme, puasa Senin Kamis bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Ya, puasa lebih efektif menurunkan berat badan daripada diet dengan membatasi asupan kalori agar kehilangan lemak. Selain itu, puasa juga bisa menjaga jaringan otot tetap kuat. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   puasa,   puasa senin kamis