Mother&Baby Indonesia
5 Pekerjaan Rumah yang Efeknya Setara dengan Olahraga

5 Pekerjaan Rumah yang Efeknya Setara dengan Olahraga

Kebanyakan orang beranggapan bahwa berolahraga harus dilakukan di luar ruangan guna mendapatkan hasil yang optimal. Namun, Anda tak harus selalu pergi ke luar rumah, misalnya dengan melakukan jogging atau bersepeda, untuk membakar kalori tubuh, Moms.

Ada cara lain untuk membakar kalori yang juga sama efektifnya dengan berolahraga, yakni melakukan pekerjaan rumah tangga. Bahkan Anda bisa memperoleh nilai plusnya, rumah jadi rapi dan bersih setelah Anda selesai beres-beres.

Ya, pekerjaan rumah merupakan suatu hal yang perlu rutin dilakukan untuk menjaga rumah tetap dalam keadaan bersih dan rapi sehingga menjadi tempat yang nyaman buat semua anggota keluarga. Nah, berikut ini beberapa pekerjaan rumah yang memiliki efek sama dengan berolahraga, Moms.



1. Menyapu dan Mengepel Lantai

Menyapu lantai merupakan jenis latihan yang bisa membantu Anda membakar hingga 100 kalori. Hasil ini bisa diperoleh dengan menyapu lantai setidaknya selama setengah jam. Saat menyapu, Anda akan menggerakkan lengan terus-menerus, sehingga aktivitas ini melatih otot-otot lengan Anda menjadi kuat. Selain itu, tulang punggung pun akan fleksibel ketika Anda menekuknya saat menyapu.

Memang, saat ini jarang sekali kita melihat orang mengepel lantai dengan berjongkok. Meskipun cara ini terlihat kuno, mengepel lantai dengan berjongkok bisa membakar hingga 200 kalori. Selain itu, aktivitas ini bisa mengencangkan otot-otot di lengan, punggung, perut, dan paha.

2. Mencuci Baju

Kegiatan ini mungkin Anda lakukan setidaknya 2 kali seminggu ya, Moms. Mencuci baju juga termasuk pekerjaan rumah yang memiliki efek setara dengan berolahraga ringan, lho. Meskipun dalam pelaksanaannya Anda menggunakan mesin cuci, tetap saja kegiatan mengangkat cucian dan menjemurnya punya manfaat untuk membakar kalori tubuh.

Apalagi jika ternyata Anda mengerjakannya tanpa bantuan mesin, kalori yang terbakar bisa lebih banyak lagi. Bayangkan saja, Anda mengangkat ember berisi air, menyikat, membilas, lalu memeras pakaian. Semua itu akan melatih otot-otot tangan, lengan, dan perut menjadi kencang.



3. Menyeterika Pakaian

Mungkin terlihat sepele, namun menyeterika pakaian selama 1 jam bisa membakar 100-150 kalori tubuh, Moms. Menyeterika dalam posisi berdiri akan mampu membakar kalori lebih banyak dibandingkan melakukannya dalam posisi duduk. Selain itu, kegiatan ini juga melatih dan menguatkan otot-otot tangan dan kaki.

4. Membersihkan Kamar Mandi

Paling tidak seminggu sekali Anda perlu membersihkan kamar mandi ya, Moms. Aktivitas menggosok lantai, membersihkan bak mandi, menyikat toilet, jika Anda lakukan semuanya, akan mampu membakar hingga 200 kalori, lho! Namun, pastikan Anda melakukan semua itu dengan hati-hati ya, Moms. Lantai kamar mandi yang licin bisa membuat Anda terpeleset dan membahayakan Anda.

5. Berkebun

Dikutip dari CNNIndonesia.com, berkebun membantu Anda tetap sehat, baik secara fisik maupun mental. Menurut Journal of Health Physiology, berkebun adalah jenis terapi yang membantu meningkatkan kesehatan mental dan menghilangkan stres serta cemas.

Kegiatan ini membutuhkan keahlian seperti mengolah tanah, menabur benih, mengangkat pot, dan menyiram tanaman. Semua aktivitas tersebut melibatkan banyak bagian otot termasuk paha, tulang punggung, lengan, dan kaki. Saat mengolah tanah atau menabur benih, Anda pasti berjongkok. Ini akan melatih otot-otot paha dan betis menjadi kuat, Moms. Selain efektif membakar kalori, berkebun juga membuat Anda terkena paparan cahaya matahari sehingga Anda mendapatkan asupan vitamin D buat tubuh.

Masih banyak lagi pekerjaan rumah yang bisa dikategorikan setara dengan melakukan olahraga, misalnya, memasak, mencuci piring, dan menata kamar. Itulah pekerjaan rumah yang walaupun sekilas tampak sepele, punya efek setara dengan olahraga dan bermanfaat buat kesehatan tubuh Anda, Moms. Sekarang jadi semangat melakukan pekerjaan rumah, kan? (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   pekerjaan rumah,   olahraga