Mother&Baby Indonesia
Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Buat Berat Badan Naik

Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Buat Berat Badan Naik

Semua orang tentu ingin memiliki tubuh yang ideal, tak terkecuali Anda kan, Moms? Untuk mendapatkan tubuh yang ideal tersebut, segala cara pasti Anda lakukan, salah satunya menurunkan berat badan. Namun tak jarang saat Anda sudah berusaha menurunkan berat badan dengan mengatur pola makan, menghindari junk food, atau sudah berolahraga, berat badan Anda malah tak kunjung turun.

Menurut Susan Peirce Thompson, Ph.D, pendiri dan CEO Bright Line Eating Solutions, sebuah institusi untuk penurunan berat badan berkelanjutan, kesalahan terbesar saat seseorang mencoba untuk menurunkan berat badan adalah menikmati hari libur (dari program penurunan berat badan) dengan cara yang salah.

Selain itu, rutinitas atau kebiasaan pagi hari juga menjadi hal yang memengaruhi keberhasilan seseorang saat berusaha menurunkan berat badan. Nah, agar proses penurunan berat Anda berhasil, Moms perlu tahu beberapa kebiasaan di pagi hari yang justru dapat membuat berat badan Anda naik, seperti berikut ini.



1. Melewatkan Sarapan

Jika Anda memilih untuk melewatkan sarapan karena menghindari asupan kalori yang dikhawatirkan akan menaikkan berat badan, tentu Anda keliru Moms. Pasalnya ketika Anda melewatkan sarapan, Moms justru tidak mendapatkan energi yang dibutuhkan tubuh, dan justru malah berpotensi terjadinya penambahan berat badan. Menurut sebuah studi yang diunggah pada Journal of Rural Medicine, ditemukan fakta bahwa melewatkan sarapan dapat mengakibatkan terciptanya pola gaya hidup aktif di malam hari, yang berhubungan dengan potensi obesitas.

2. Tidak Minum Air Putih

Tubuh kita membutuhkan cairan setiap harinya. Bila Anda tidak minum air putih di pagi hari, ini bisa berpangaruh pada keseharian Anda, energi, nafsu makan, sehingga berisiko pada kenaikan berat badan. Pada sebuah ulasan yang diterbitkan di Journal Nutrition Reviews, ditemukan bahwa terlihat perbedaan yang signifikan pada energi, berat badan, dan lemak tubuh pada perempuan yang mengubah pola mengonsumsi asupan cairan dengan perempuan yang banyak mengonsumsi cairan atau air putih.

3. Tidur Terlalu Lama

Selain untuk mengistirahatkan tubuh, tidur juga dapat mengembalikan kesegaran tubuh Anda. Namun bila waktu tidur Anda terlalu berlebihan, bahkan sekadar melebihkan 5 sampai 10 menit, waktu tidur bisa berpotensi menaikkan berat badan Anda. Sebuah studi yang diunggah di The Journal Sleep, ditunjukkan bahwa seseorang yang punya durasi tidur yang panjang memiliki massa tubuh yang tinggi, sehingga berisiko mengalami pertambahan berat badan. Tidur terlalu lama bisa mengacaukan bioritme dan energi tubuh, sehingga membuat Anda makan lebih banyak dan mengalami pertambahan berat badan.



4. Tidak Meditasi

Meditasi merupakan cara yang baik untuk memberikan rasa damai dan kesadaran pada diri Anda sebelum menjalani hari. Meditasi bisa mengurangi produksi kortisol dan stres, yang juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan seseorang. Melansir laman WebMD, meditasi membuat seseorang lebih aware dengan pikiran dan tindakannya, termasuk hal yang berkaitan dengan makanan. Maka bila Anda tidak melakukan meditasi, Anda tidak mendapat keuntungan dari segi mental tersebut yang membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

5. Tidak Mengontrol Berat Badan Anda

Menimbang berat badan di pagi hari memang bisa membuat Anda kesal sehingga mungkin Anda malah menghindari hal ini. Namun bila Moms tidak memonitor berat badan Anda, maka Moms mungkin tidak akan menyadari bahwa tiba-tiba berat badan Anda bisa saja bertambah dalam seminggu. Menurut sebuah studi yang ditulis di The Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, orang yang memantau berat badannya secara konsisten dan signifikan lebih memungkinkan untuk mengalami penurunan berat badan dibandingkan dengan orang yang jarang memantau berat badannya.

6. Tidak Mengontrol Asupan Makanan

Terkadang mungkin Moms tidak menyadari berapa banyak Anda makan setiap harinya, sehingga tak heran tiba-tiba berat badan Anda malah naik. Untuk mengontrol seberapa banyak Anda mengonsumsi makanan sejak pagi hingga malam hari, Anda bisa membuat daftar makanan apa saja yang Anda makan setiap hari. Hal ini lebih baik dilakukan sekaligus untuk bisa mengontrol pertambahan atau penurunan berat badan Anda. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   berat badan,   pagi,   kebiasaan di pagi hari