Mother&Baby Indonesia
Simak Persiapan Celebrity Moms saat Anak Kembali Sekolah

Simak Persiapan Celebrity Moms saat Anak Kembali Sekolah

Setelah sekian lama menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama 3 bulan belakangan ini, akhirnya masyarakat sudah bisa mulai bersiap menjalani kehidupan tatanan baru yang sering disebut dengan new normal.

Bahkan kemarin, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menetepakan bahwa hari ini, 5 Juni 2020, sebagai masa PSBB transisi di mana pada masa ini kegiatan sosial ekonomi sudah mulai bisa dilakukan dengan adanya batasan yang harus ditaati. Lalu bagaimana dengan kegiatan belajar-mengajar?

Sebelum adanya penetapan tersebut, mungkin Moms sudah mendengar kabar bahwa ada wacana dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bahwa sekolah-sekolah akan kembali aktif pada Juli 2020. Meski pernyataan tersebut belum dikonfirmasi secara resmi, tak sedikit orang tua yang bereaksi atas wacana tersebut.



Meski ada orang tua yang menyambut baik soal wacana kembali dibukanya sekolah dan mempersiapkan anaknya untuk kembali ke sekolah, namun tak sedikit pula orang tua yang justru khawatir bila anak mereka harus kembali ke sekolah di masa pandemi yang belum benar-benar reda ini.

Tanggapan Celebrity Moms

Menyoal wacana dibukanya kembali sekolah pada bulan Juli mendatang dan menghadapi new normal, celebrity moms Ersa Mayori dan Melanie Putria pun memberikan tanggapannya saat IG Live Mother&Baby pada 3 Juni 2020 lalu.

Artis sekaligus presenter Ersa Mayori mengaku cukup senang dengan adanya penerapan new normal sehingga nanti anak-anak bisa kembali bersekolah. “Anak kedua saya Ulla sudah ingin balik lagi ke sekolah, ia ingin bertemu teman-temannya.” katanya.


Meski demikian, tak dipungkiri bahwa ibu dua anak ini juga memiliki kekhawatiran ketika nanti anak-anaknya harus kembali ke sekolah. Ia khawatir apakah anak-anaknya bisa menerapkan kebiasaan baru di masa new normal saat di sekolah nanti.

Mantan putri Indonesia tahun 2002 sekaligus presenter, Melanie Putria, justru blak-blakan mengaku parno ketika nanti anaknya harus kembali masuk sekolah. “Nanti kalau Shimar bertemu guru pasti dia akan salim. Karena itu kebiasaan lama yang sudah kita bangun bertahun-tahun, dan tiba-tiba sekarang harus berubah, jadi agak parno ya,” ucapnya.


Anaknya pun juga mengaku bahwa ia belum siap untuk kembali ke sekolah “Saat saya tanya apakah ia siap sekolah lagi kalau sekolah dibuka bulan juli nanti, ia memilih untuk di rumah aja. 'I’m so nervous to go out!' katanya” cerita Melanie

Membiasakan Anak dengan Kebiasaan Baru

Untuk mengurangi rasa khawatir tersebut, Ersa mengatakan bahwa orang tua seharusnya bisa berdamai dan menerima bahwa keadaan sekarang berbeda. “Setelah menerima, barulah kita mulai untuk beradaptasi sendiri dulu, supaya kita bisa terapkan ke sekitar kita, dan ke anak-anak tentunya sebagai tanggung jawab kita.” ujar perempuan yang akrab disapa Echa itu.



Selain menerima keadaan dan beraptasi, kedua celebrity moms ini sepakat untuk menerapkan kebiasaan baru agar anak-anak mereka bisa bersiap menghadapi tatanan kehidupan baru ini dan siap bila harus kembali ke sekolah.

“Saya setuju dengan Echa bahwa kebiasaan baru menghadapi new normal itu harus dilatih. Kita sebagai orang tua harus ada effort sedikit untuk melatih anak melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut,” ucap perempuan yang akrab disapa Imel ini.

Untuk membiasakan anak pada kebiasaan-kebiasaan baru, kedua artis ini juga melakukan hal yang sama, yaitu mengajak Si Kecil belanja ke supermarket. Mereka menganggap bahwa kegiatan ini bisa dijadikan kesempatan bagi anak untuk belajar mempraktikkan kebiasaan baru.

Kebiasaan baru yang mereka terapkan pada anak-anak mereka ini sebenarnya sama seperti cara untuk menjaga kebersihan di masa pandemi, “Selain membiasakan anak cuci tangan, pakai masker, pakai sarung tangan, membekali hand sanitizer, jaga jarak, saya juga membekali mereka dengan cairan antiseptik yang dimasukin ke botol kecil. Jadi misalnya saat ke supermarket, sebelum pegang troli, bisa kita semprotkan dulu cairan tersebut,” jelas Echa.

Membiasakan pakai masker juga terkadang menjadi tantangan sendiri bagi orang tua. Maka menurut Melanie, orang tua bisa memilihkan masker bermotif lucu agar anak senang memakai masker. Untuk membiasakan cuci tangan selama 20 detik, Moms juga bisa mengajarkan anak Anda sambil menyanyikan lagu Happy Birthday.

Pastikan Fasilitas Sekolah Siap Menghadapi New Normal

Setelah orang tua membekali anak dengan kebiasaan-kebiasaan baru, menurut Ersa saat anak akan kembali sekolah, pihak sekolah juga harus sudah siap dengan berbagai fasilitas saat menghadapi new normal ini.

“Misalnya seperti di sekolah kedua putri saya, sekolahnya sudah mempersiapkan wastafel di luar gerbang pintu sekolah yang kerannya menggunakan injakan kaki. Jadi begitu masuk gerbang, anak-anak akan cek suhu, lalu langsung diarahkan cuci tangan pakai sabun, tapi kerannya pakai injakan kaki. Menurut saya itu adalah inovasi yang bagus dan bisa diterapkan di fasilitas umum lainnya.” terangnya.

Tidak hanya itu, pihak sekolah juga harus memperhatikan kapasitas kelas karena social distancing di kelas tetap harus dilakukan.

Pastikan Anak Mendapat Vaksin PCV dan Influenza

Selain membekali anak dengan kebiasaan baru dan memastikan fasilitas sekolah siap untuk menghadapi new normal, untuk membantu mengurangi kemungkinan terinfeksi virus COVID-19 ini, anak-anak disarankan untuk mendapatkan vaksin PCV dan Influenza. Hal tersebut diungkapkan oleh dr. Dimple Gobind Nagrani, Sp.A, Dokter Spesialis Anak dari RSIA Bunda Jakarta, saat IG Live Mother&Baby pada 3 juni 2020 lalu.

Bila anak-anak telah mendapat kedua vaksin tersebut, diharapkan ini dapat membantu mengurangi keparahan yang mungkin terjadi jika anak terinfeksi virus corona. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: new normal,   kembali ke sekolah