Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Olahraga Tepat yang Sesuai Bentuk Tubuh Anda

Moms, Ini Olahraga Tepat yang Sesuai Bentuk Tubuh Anda

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan bentuk tubuh, salah satunya dengan berolahraga. Tapi pada sebagian orang, olahraga tidak efektif atau bahkan tak berdampak banyak bagi tubuh mereka.

Padahal olahraga yang tidak efektif ternyata bisa disebabkan oleh latihan yang tidak tepat lho, Moms. Menyesuaikan olahraga dengan bentuk alami tubuh perlu dilakukan agar efektif. Menurut peneliti dari Technical University of Lisbon, mempertimbangkan permasalahan berdasarkan bentuk tubuh sangat membantu upaya menjaga bentuk tubuh. Dilansir dari Everyday Health, berikut ini daftar olahraga yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda.

1. Bentuk Tubuh Apel: Fokus pada Bagian Perut




Bila sebagian besar bobot tubuh ada di sekitar pinggang serta memiliki pinggul yang kecil dan dada yang besar atau bidang, maka Anda memiliki bentuk tubuh apel. Walau tidak bisa menghilangkan lemak secara akurat pada bagian tubuh tertentu, Moms bisa mulai melakukan olahraga kardio untuk membakar lemak di seluruh tubuh dan melatih otot perut. Penelitian menemukan bahwa jogging merupakan olahraga paling efektif untuk melatih otot perut Anda. Selanjutnya, Moms bisa terapkan olahraga pembentuk otot perut, seperti plank dan crunch.

2. Bentuk Tubuh Pir: Menguatkan Paha


Bila berat badan Anda berlebih dan memiliki tipe bentuk tubuh pir, maka lemak tubuh berpusat pada pinggul, paha, dan bokong. Bentuk tubuh pir ditandai dengan bagian tubuh atas (termasuk payudara) yang lebih kecil dibandingkan tubuh bagian bawah. Salah satu cara terbaik untuk melatih dan membakar lemak pada bagian tubuh bawah adalah dengan bersepeda. Selain itu, Moms juga bisa melatih otot kaki dengan melakukan squat, leg press, leg curl, dan calf raises.

3. Bentuk Tubuh Jam Pasir: Latih Seluruh Tubuh


Pada bentuk tubuh jam pasir, tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah berukuran hampir sama, sedangkan pinggang cenderung kecil. Bila Anda memiliki bentuk tubuh seperti jam pasir dan mengalami kelebihan berat badan, maka lemak maupun bobot berlebih cenderung terjadi pada hampir seluruh tubuh.



Maka dari itu, Moms bisa coba lakukan olahraga yang dapat melatih tubuh bagian atas dan bagian bawah. Moms bisa latih tubuh bagian atas dengan lat pull-down, dips, triceps extension, dan bench press. Sedangkan tubuh bagian bawah bisa dilatih dengan squat, leg press, leg curl, dan calf raise. Selain itu, olahraga aerobik yang cocok untuk Anda antara lain berenang, mengayuh, bersepeda, berjalan, dan berlari.

4. Bentuk Tubuh Seruling: Perhatian pada Pinggang


Bila Anda kurus dan memiliki sedikit lekukan pada bagian dada, pinggang, dan pinggul, maka jenis bentuk tubuh Anda adalah seruling. Olahraga yang tepat bagi Moms yang memiliki tubuh seperti seruling adalah yang memusatkan perhatian untuk membentuk lekukan tubuh. Lakukan sit up, side plank, squat, dan vertical toe touch. Sedangkan untuk Anda yang memiliki kondisi obesitas, menjaga pola makan sehat disertai dengan olahraga rutin adalah solusi tepat.

5. Bentuk Tubuh Atletis: Bentuk Lekukan


Bila diumpamakan, jenis bentuk tubuh ini menyerupai segitiga terbalik. Ciri khasnya, pundak yang lebar dan pinggang yang kecil. Kalau Anda memiliki bentuk tubuh ini, maka Anda cenderung memiliki lebih banyak otot daripada lemak, serta tidak lebih berlekuk dibandingkan jenis bentuk tubuh lain.

Oleh karena itu, fokuskan olahraga pada bagian tubuh bawah seperti paha dan bokong untuk membuat tubuh terlihat lebih seimbang. Beberapa contohnya antara lain squat, leg press, leg curls, dan calf raise. Sedangkan olahraga aerobik yang cocok untuk Anda adalah bersepeda. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: olahraga,   bentuk tubuh,   kesehatan