Mother&Baby Indonesia
10 Cara Alami dan Efektif Menghilangkan Sakit Kepala

10 Cara Alami dan Efektif Menghilangkan Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan kondisi umum yang dihadapi banyak orang. Mulai dari yang membuat tidak nyaman hingga benar-benar tak tertahankan, sakit kepala tentu dapat mengganggu kehidupan Anda sehari-hari. Selain mengonsumsi obat untuk meredakannya, Moms juga bisa menghilangkan rasa sakit kepala yang mengganggu dengan beberapa cara alami dan efektif berikut ini.

1. Minum Air Putih

Menurut sebuah penelitian, dehidrasi kronis merupakan penyebab umum dari sakit kepala tegang dan migrain. Untuk mengatasi sakit kepala, Moms perlu mengonsumsi air putih guna menghidrasi tubuh Anda. Air putih telah terbukti dapat meringankan gejala sakit kepala pada kebanyakan orang yang mengalami dehidrasi.

2. Tidur Cukup

Kurang tidur bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk sakit kepala pada beberapa orang. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam per malam mengalami sakit kepala yang lebih sering dan parah dibandingkan orang yang tidur lebih lama. Di sisi lain, tidur terlalu lama juga bisa memicu sakit kepala. Maka, pastikan Anda cukup tidur selama 7-8 jam per malam ya, Moms.



3. Kompres Dingin

Mengompres bagian leher, kepala, atau pelipis, dengan kompres dingin diketahui dapat mengurangi rasa sakit kepala. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menaruh gel pack dingin di kepala dapat mengurangi rasa sakit akibat migrain secara signifikan.

4. Diet Eliminasi

Berdasarkan sebuah studi, diketahui bahwa intoleransi makanan dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang. Untuk mengetahui apakah makanan tertentu sering menyebabkan sakit kepala, Anda bisa mencoba diet eliminasi dengan mengeliminasi makanan tertentu yang dapat menimbulkan gejala sakit kepala. Untuk mengatasi migrain, Anda bisa menghindari keju tua, alkohol, cokelat, buah jeruk, dan kopi sebagai makanan yang dipercaya bisa memicu migrain.

5. Hindari Bau yang Kuat

Bau yang kuat seperti yang berasal dari parfum atau produk pembersih dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala. Menurut sebuah studi yang melibatkan 400 orang yang mengalami migrain atau sakit kepala tegang, ditemukan bahwa mencium bau yang kuat, terutama parfum, sering memicu timbulnya sakit kepala.

6. Batasi Konsumsi Kafein

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein terlalu sering dan berlebihan memang terbukti dapat menyebabkan sakit kepala. Namun bila Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang normal, ini justru dapat membantu mengurangi sakit kepala. Kafein dipercaya dapat meningkatkan suasana hati sehingga memiliki efek positif untuk meredakan gejala sakit kepala Anda.



7. Gunakan Essential Oil

Essential oil merupakan cairan yang mengandung senyawa aromatik dari berbagai jenis tanaman. Essential oil peppermint dan lavender sangat membantu ketika Anda sakit kepala. Membalurkan essential oil peppermint ke pelipis terbukti dapat mengurangi gejala sakit kepala tegang. Sementara menghirup essential oil lavender sangat efektif untuk mengurangi nyeri migrain.

8. Akupunktur

Berdasarkan tinjauan pada 22 studi, termasuk pada lebih dari 4.400 orang, ditemukan bahwa akupunktur sama efektifnya dengan obat migrain biasa. Studi lain juga menunjukkan bahwa akupunktur lebih efektif dan lebih aman daripada topiramate, obat antikonvulsan yang digunakan untuk mengobati migrain kronis.

9. Yoga

Selain untuk menghilangkan stres, yoga juga dapat membantu mengurangi intensitas dan frekuensi sakit kepala. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang berlatih yoga selama tiga bulan mengalami penurunan gejala dan keparahan sakit kepala yang dialaminya, dibandingkan dengan orang yang tidak berlatih yoga.

10. Hindari Konsumsi Alkohol

Penelitian menunjukkan bahwa alkohol dapat memicu migrain pada sekitar sepertiga orang yang sering mengalami sakit kepala. Selain itu, alkohol juga telah terbukti menyebabkan ketegangan dan sakit kepala cluster pada banyak orang. Maka hindari konsumsi alkohol untuk meredakan sakit kepala Anda. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: sakit kepala,   kesehatan