Mother&Baby Indonesia
Manfaat Rutin Meditasi, Bisa Hambat Penuaan Dini

Manfaat Rutin Meditasi, Bisa Hambat Penuaan Dini

Moms sering merasa cemas dan stres? Sudah saatnya Anda mulai belajar untuk melakukan meditasi. Kegiatan ini akan membantu menenangkan diri dari perasaan mengganggu dan tidak nyaman, atau bahkan mengganggu dalam menjalankan aktivitas.

Meditasi tidak hanya sekadar duduk diam sambil mengatur napas saja. Moms akan melatih diri untuk menciptakan ketenangan pikiran dan tubuh yang rileks. Saat melakukan meditasi, Anda tak perlu alat khusus dan bisa dilakukan di mana saja.

Meditasi yang Benar

Ketika Anda hendak memulai meditasi, mungkin akan sulit jika melakukannya seorang diri. Maka untuk membantu, Moms bisa mencari panduan untuk meditasi dari video di YouTube atau situs dan aplikasi yang berfokus pada kesehatan mental.



Panduan meditasi ini akan membantu Anda untuk lebih fokus pada pernapasan dan mengatur pemikiran menjadi lebih positif dalam diri sendiri. Kemudian, pilih juga lokasi yang agak sepi dan tenang, baik saat di dalam rumah atau sedang berada di tempat bekerja.

Meditasi sendiri hanya membutuhkan waktu 7-10 menit untuk sesi yang tergolong singkat. Namun dalam jangka waktu ini saja, Anda bisa merasa kesulitan untuk tetap fokus untuk mengurangi stres dan rasa cemas yang menghampiri. Jadi, usahakan untuk tetap tenang agar meditasi jadi efektif.

Manfaat Meditasi


Apabila Moms bisa melakukan meditasi dengan benar dan cara yang tepat, ada banyak manfaat yang akan bisa Anda peroleh. Tak hanya menjadi mampu mengatur emosi dalam diri, tetapi juga hal-hal lain yang baik untuk diri Anda sendiri, seperti:

1. Mencegah depresi

Stres dan rasa cemas yang berkepanjangan dapat menimbulkan masalah mental seperti depresi hingga bipolar. Dengan melakukan meditasi sejak awal, maka risiko mengalami masalah mental ini pun akan semakin kecil. Kemampuan untuk mengendalikan diri dari emosi yang meluap-luap juga bisa lebih baik daripada sebelumnya.

2. Memperbaiki kualitas tidur



Meditasi sendiri dapat menciptakan ketenangan dalam pikiran dan hati yang melakukannya. Secara tidak langsung, hal ini pun akan membuat Anda mampu mengistirahatkan diri sesuai jadwal yang ditentukan, hingga cepat tertidur. Kualitas tidur pun menjadi lebih baik karena Moms dapat tidur dengan pulas dan akan terbangun dengan lebih segar keesokan harinya.

3. Menghambat penuaan dini

Karena Moms mampu mengendalikan diri dan memiliki kualitas tidur yang baik, maka penuaan dini pun akan terhambat. Hal ini akan tampak pada daya ingat dan kerja otak yang tetap terjaga, hingga kondisi kulit yang tetap kencang dan sehat. Anda pun akan tetap awet muda meski usia terus bertambah.

4. Tidak mudah sakit

Melakukan meditasi secara rutin juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini akan membuat Moms jadi lebih kuat untuk melawan batuk dan flu, atau virus dan bakteri lain yang bisa menimbulkan penyakit berbahaya. Tekanan darah juga terjaga tetap normal, sehingga mencegah terjadinya serangan jantung hingga stroke.

5. Melawan kecanduan

Apabila Moms atau anggota keluarga lain memiliki kecanduan pada hal tertentu, maka meditasi bisa membantu tubuh untuk melawan hal tersebut. Pikiran akan terlatih untuk mengalihkan perhatian dari hal yang cenderung negatif ke kegiatan lain yang lebih positif.

Mari coba mulai biasakan meditasi yuk, Moms. Selama mencoba! (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   meditasi,   kesehatan mental,   penuaan dini