Mother&Baby Indonesia
Selain Merampingkan Tubuh, Ini Manfaat Olahraga Skipping

Selain Merampingkan Tubuh, Ini Manfaat Olahraga Skipping

Menjaga kebugaran tubuh adalah hal yang penting. Namun pada masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, Anda tentunya tidak bisa leluasa pergi berolahraga di pusat kebugaran.

Sebagai alternatif, Anda bisa lho, berolahraga di rumah. Salah satu jenis olahraga yang mudah dilakukan dan tidak memerlukan peralatan mahal adalah skipping alias lompat tali. Tidak banyak yang mengetahui, sesungguhnya gerakan melompat sederhana ini memiliki banyak manfaat. Yuk, simak apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan rutin melakukan lompat tali atau skipping.

1. Meningkatkan Fokus

Ya, melakukan gerakan melompat berulang kali akan membantu melatih kemampuan Anda untuk berkonsentrasi. Lompat tali akan membuat Anda fokus pada kaki. Sementara itu, otak akan terus berkonsentrasi untuk memantau gerakan kaki agar terkoordinasi dengan pergerakan tali. Latihan skipping yang dilakukan berulang-ulang akan membuat kaki Anda terasa lebih ringan sehingga semakin banyak trik yang bisa dilakukan.



2. Mengurangi Cedera Kaki

Anda penyuka olahraga permainan seperti basket atau tenis? Biasanya, orang yang gemar melakukan olahraga semacam ini rentan mengalami cedera pada pergelangan kaki karena harus melakukan gerakan cepat, lalu tiba-tiba berhenti, melakukan manuver, atau gerakan berputar. Nah skipping akan meningkatkan koordinasi kaki Anda. Selain itu, rutin melakukan lompat tali juga akan meningkatkan kekuatan otot-otot di sekitar pergelangan kaki Anda.

3. Membakar Kalori

Dibandingkan dengan jogging selama 30 menit, lompat tali bisa membakar kalori lebih banyak. Menurut Science Daily, olahraga lompat tali bisa membakar 1.300 kalori per jam. Jadi olahraga ini bisa menjadi pilihan Anda yang tengah menjalani program penurunan berat badan.

4. Meningkatkan Kapasitas Aerobik

Petinju atau atlet bela diri biasanya menggunakan skipping untuk membangun kapasitas aerobik sesuai dengan kebutuhan. Olahraga aerobik pada dasarnya adalah semua aktivitas yang menggunakan oksigen guna membakar kalori dalam meningkatkan detak jantung dan memproduksi energi.

5. Kesehatan Kardiovaskular

Menurut American College of Sports Medicine, melakukan lompat tali sangat dianjurkan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Agar mendapatkan manfaat skipping yang maksimal, Anda harus melakukannya lima kali dalam seminggu dengan durasi 12 hingga 20 menit.

6. Efisiensi Pernapasan

Selain meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, skipping juga bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi Anda dalam bernapas. Olahraga ini menjadi berguna ketika Anda melakukan kegiatan lain dengan gerakan intensitas tinggi karena bisa membuat Anda tidak akan kehabisan napas.

7. Meningkatkan Kemampuan Otak

Tak banyak yang menyadari manfaat skipping yang satu ini. Menurut Jump Rope Institute, melompat dapat membantu pengembangan otak kiri dan kanan. Kondisi ini pada akhirnya bisa meningkatkan kesadaran spasial, meningkatkan keterampilan membaca, meningkatkan daya ingat, dan membuat Anda lebih waspada.



8. Membantu Tetap Tenang

Lompat tali adalah jenis olahraga yang melatih koordinasi otak dan tubuh secara bersamaan. Hal ini bisa membantu Anda untuk lebih tenang dalam mengatasi berbagai situasi. Jump Rope Institute mengaitkan manfaat skipping dengan perspektif biomekanik atau karakteristik gerakan.

9. Mengurangi Risiko Stroke

Selain baik untuk menjaga kesehatan jantung, manfaat lompat tali juga berguna untuk mengurangi risiko stroke. Melakukan olahraga ini dengan intensitas tinggi terbukti membuat jantung lebih kuat.

10. Mengurangi Lemak di Perut

Bagi Anda yang memiliki penumpukan lemak di perut, sepertinya Anda harus lebih rutin melakukan skipping. Olahraga ini dikaitkan dengan efektivitasnya untuk menghilangkan lemak lebih cepat, terutama di sekitar perut dan otot-otot tubuh.

11. Meningkatkan Keseimbangan

Lompat tali adalah olahraga yang menuntut Anda untuk mengatur koordinasi dan keseimbangan tubuh dengan baik. Jika Anda rutin melakukannya, maka pastinya Anda akan memiliki koordinasi dan keseimbangan tubuh yang optimal.

12. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Olahraga terbaik untuk otak karena melibatkan kombinasi waktu, ritme, koordinasi, dan strategi mental. Saat melakukan lompat tali, otak Anda bekerja dengan cepat guna memperhitungkan jarak, kecepatan, arah, serta posisi tali terhadap tubuh. Hal inilah yang memiliki efek signifikan terhadap fungsi kognitif.

13. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Melompat bisa meningkatkan kepadatan tulang. Akan tetapi manfaat ini hanya bisa didapat apabila pada dasarnya Anda memiliki kondisi tulang yang baik. Jika Anda memiliki riwayat patah tulang atau osteoporosis, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan skipping.

Agar tidak cedera saat melakukan skipping, Anda sangat disarankan untuk tidak melakukannya dengan porsi berlebihan. Berhentilah ketika kaki Anda mulai terasa nyeri. Sedangkan bagi Anda yang baru mencoba olahraga lompat tali, lakukan secara perlahan dan jumlah lompatan disesuaikan dengan kemampuan Anda. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: skipping,   lompat tali,   kesehatan