Mother&Baby Indonesia
Hati-Hati, Batuk Bisa Tandakan Beberapa Penyakit Ini!

Hati-Hati, Batuk Bisa Tandakan Beberapa Penyakit Ini!

Batuk bisa dibilang gejala masalah kesehatan yang terhitung ‘lumrah’. Tenggorokan kering bisa menyebabkan batuk, tersedak saat minum juga bisa menyebabkan batuk. Walau begitu, dalam kondisi tertentu, batuk bisa menandakan adanya masalah kesehatan yang serius di tubuh lho, Moms!

Menurut American Lung Association, ada beberapa kondisi masalah kesehatan umum yang bisa menyebabkan batuk akut seperti berikut ini, Moms.

1. Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Infeksi pada hidung dan tenggorokan merupakan penyebab paling umum terjadinya batuk. Infeksi ini biasanya timbul diiringi dengan demam, radang tenggorokan, dan munculnya ingus pada hidung. Infeksi saluran pernapasan atas hampir selalu disebabkan oleh virus, mulai dari influenza, laringitis, hingga COVID-19.



2. Hay Fever atau Rhinitis Alergi

Paparan terhadap asap dan uap yang berlebihan dapat menyebabkan inflamasi pada tenggorokan dan saluran pernapasan, sehingga dapat menimbulkan batuk.

3. Infeksi Saluran Pernapasan Bawah

Kondisi ini merupakan infeksi akibat bakteri dan virus yang lebih parah, sehingga menyebabkan batuk yang lebih keras dan tak hilang-hilang. Seringkali batuk diiringi dengan demam. Infeksi ini dapat memengaruhi saluran napas dan menyebabkan bronkitis, atau bahkan menjalar hingga paru-paru dan menyebabkan pneumonia.

4. Pulmonary Embolism

Kondisi ini sangatlah membahayakan, bahkan dapat berisiko tinggi pada kematian. Darah yang menggumpal dapat mengalir dari kaki menuju paru-paru sehingga dapat membuat sesak napas secara tiba-tiba dan batuk kering.

5. Pneumothorax

Penyakit ini disebabkan oleh deflasi paru-paru. Kondisi ini dapat terjadi secara spontan maupun akibat trauma di dada. Tanda-tanda umum pneumothorax antara lain adalah rasa sakit di dada yang muncul tiba-tiba, batuk kering, dan sesak napas.



6. Gagal Jantung

Jantung yang lemah atau yang mengalami penyakit berat dapat menyebabkan penumpukan cairan pada paru-paru. Kondisi ini menyebabkan batuk dan sesak napas parah.

7. Post-Nasal Drip atau Lendir Tenggorokan

Kondisi ini muncul sebagai batuk kering, disebabkan oleh lendir yang terlalu banyak pada hidung dan tenggorokan. Penyakit ini umum terjadi setelah adanya infeksi maupun paparan berkelanjutan terhadap pemicu alergi.

8. Gastro-Esophageal Reflux (GERD)

Gangguan sistem pencernaan ini terjadi ketika asam lambung mengalir menuju esofagus, menyebabkan heartburn. Asam lambung yang naik hingga tenggorokan akan menyebabkan terjadinya batuk kering.

Bila Moms mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh dan disertai dengan gejala lain, segera hubungi dokter. Jangan anggap sepele gejala batuk Anda, karena gangguan ini dapat menandakan masalah penyakit berbahaya. (Gabriela Agmassini/SW/dok. Freepik)



Tags: batuk,   kesehatan,   penyakit,   gangguan kesehatan,   flu