Mother&Baby Indonesia
Merasa Terjatuh saat Tidur Lelap? Ini Penyebab Hypnic Jerk

Merasa Terjatuh saat Tidur Lelap? Ini Penyebab Hypnic Jerk

Pernahkah Moms mendadak terbangun dari tidur dengan kondisi kaget, tersentak, atau seperti terjatuh ke dalam tidur? Jika ya, maka itulah sensasi yang dialami seseorang ketika mengalami hypnagogic jerk atau biasa disebut dengan hypnic jerk.

Jika kondisi seperti ini sering Anda alami dan membuat Anda sangat terganggu, maka kenali apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya. Read on, Moms!

Apa Itu Hypnic Jerk?




Hypnic jerk adalah kontraksi otot-otot tubuh yang terjadi ketika Anda mulai tertidur lelap. Hal ini membuat Anda terbangun kaget seperti baru terjatuh atau tersengat sesuatu, tak jarang mereka yang mengalaminya langsung lompat saat baru tertidur lelap.

Mengutip Healthline, hypnic jerk umumnya terjadi di fase transisi sadar ke tidur dan cukup sering dialami. Sebuah penelitian mengungkap sekitar 70 persen partisipannya pernah mengalami kontraksi otot atau hypnic jerk yang memaksa mereka untuk bangun.

Hypnic jerk juga sering disebut myoclonus atau sentakan otot, yang mekanismenya di tubuh Anda kurang lebih sama dengan terjadi cegukan. Perlukah dikhawatirkan? Tentu tidak, karena hypnic jerk bukan masalah tidur atau masalah kesehatan yang mengancam nyawa. Ini hanya merupakan reaksi tubuh yang umum terjadi ketika Anda tidur dalam kondisi sangat lelah.

Pemicu Hypnic Jerk

Jika ditanya apa penyebab pasti hypnic jerk, maka jawabannya: Hingga saat ini belum diketahui pasti apa penyebabnya. Ya, bisa dibilang penyebab pastinya masih misteri, terlebih banyak orang yang mengalami hypnic jerk tanpa alasan yang jelas. Penelitian tentang hypnic jerk juga masih sangat terbatas, namun Moms sudah bisa tahu beberapa hal yang bisa memicu hypnic jerk, seperti:

1. Kecemasan berlebih

Merasa tertekan atau cemas berlebih membuat otak Anda tetap aktif, walau otot-otot tubuh sudah ‘memohon’ otak untuk santai sejenak. Karena itu, otak Anda mengirim signal waspada ke seluruh tubuh yang terus berlangsung bahkan ketika Anda tidur. Mekanisme seperti ini bisa memicu terjadinya hypnic jerk.

2. Terlalu banyak kafein

Moms pasti tahu, terlalu banyak mengonsumsi kafein dan nikotin bisa memengaruhi kemampuan alami tubuh untuk tidur lelap. Zat kimia dalam produk-produk yang mengandung kafein dan nikotin menyebabkan otak kesulitan mencapai deep sleep hingga terjadilah hypnic jerk.

3. Olahraga dekat waktu tidur

Aktivitas fisik yang baik memang bisa membantu Anda tidur lebih lelap, tetapi olahraga yang terlalu dekat dengan waktu tidur justru membuat Anda sulit tidur lelap, karena otot dan otak tidak bisa untuk rileks dengan cepat.



4. Pola tidur buruk

Kebiasaan tidur di jam yang tidak teratur dan seringnya mengalami gangguan tidur bisa memicu terjadinya hypnic jerk. Maka mengatur ritual tidur yang nyaman dan selalu tidur malam di jam yang teratur bisa membantu Anda tidur lelap tanpa gangguan ‘bangun paksa’ karena hypnic jerk.

Baca juga: 3 Metode agar Bisa Cepat Tidur Lelap dalam 2 Menit

Cara Mengatasi Hypnic Jerk

Karena hypnic jerk bukan gangguan tidur atau gangguan kesehatan, maka tidak ada pengobatan yang bisa diberikan untuk mengatasinya. Hypnic jerk bukan kondisi gawat medis dan tidak akan menyebabkan komplikasi. Namun jika Moms merasa terganggu dengan seringnya hypnic jerk, maka beberapa cara ini bisa Anda lakukan:

 • Hindari kafein. Mungkin satu gelas kopi di pagi hari bukan masalah, namun hindari minum kopi di sore hari atau menjelang tidur.

 • Hindari nikotin. Tak hanya rokok, minuman dengan kandungan alkohol juga sebaiknya dihindari agar tidak terjadi hypnic jerk.

 • Olahraga di pagi hari. Hindari olahraga menjelang waktu tidur, dan mulailah untuk berolahraga di pagi hari sambil berjemur menikmati matahari. Ini cara sehat untuk membantu tidur lelap di malam hari lho, Moms.

 • Ciptakan rutinitas menjelang tidur. Buatlah ritual sebelum tidur yang membantu Anda nyaman, tenang, dan bebas stres. Atur kamar tidur senyaman mungkin, siapkan lampu tidur temaram, dan jauhkah ponsel dari tempat tidur Anda.

 • Latihan pernapasan. Ketika sudah siap tidur, coba lakukan latihan pernapasan sederhana yang membantu Anda cepat rileks. Tarik napas dan hitung sampai 10, tahan napas dan hitung sampai 5, kemudian buang napas sampai 10 hitungan. Lakukan latihan ini beberapa kali untuk menenangkan detak jantung, otak, dan pernapasan. Selamat tidur lelap, Moms! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: hypnagogic jerk,   hypnic jerk,   tidur,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020