Mother&Baby Indonesia
5 Jenis Olahraga untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

5 Jenis Olahraga untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Moms pasti sudah tahu, menjaga tubuh tetap aktif bisa menurunkan risiko masalah kesehatan, seperti serangan jantung dan stroke. Menurut American Heart Association (AHA), aktivitas fisik seperti olahraga juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi lho, Moms.

Dengan olahraga, pembuluh darah akan terbuka lebih lebar, dan hal tersebut tentu saja dapat memperlancar aliran darah Anda. Moms mau tahu jenis olahraga apa saja yang dapat menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi? Yuk, cari tahu di bawah ini!

Olahraga Hipertensi

AHA menyebutkan, bahwa untuk menurunkan tekanan darah Anda dan mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga, maka Anda harus melakukannya sekitar 30 menit sebanyak 5 kali seminggu. Namun jika sebelumnya Anda bukan orang yang rajin olahraga, maka disarankan untuk melakukannya perlahan, mulai dari olahraga ringan selama 15 menit dilakukan 2 kali sehari, atau 10 menit dilakukan 3 kali sehari.



Olahraga yang dipilih untuk meredakan hipertensi pun tidak boleh yang berat, melainkan jenis olahraga dengan intensitas moderat atau sedang saja, seperti:

1. Jogging

Olahraga ini tentu sangat disukai karena mudah dilakukan dan bisa dilakukan kapan saja. Namun agar lebih segar, jogging di pagi hari tentu lebih menyenangkan. Jika dilakukan secara rutin, jogging bisa membuat jantung Anda lebih kuat, sehingga tekanan darah pun lebih terkontrol.

2. Berenang

Ini adalah jenis olahraga yang aman bagi penderita hipertensi, dan jika rutin dilakukan selama setidaknya 30 menit, maka manfaat jangka panjangnya adalah menurunkan tekanan darah.

3. Bersepeda

Bersepeda di alam terbuka tentu lebih seru, namun jika tidak memungkinkan, olahraga dengan sepeda statis juga baik kok, Moms. Tidak perlu memaksakan diri, bersepeda santai selama 30 menit per hari sudah efektif. Moms juga bisa membaginya menjadi 2 sesi 15 menit atau 3 sesi 10 menit.

4. Naik Turun Tangga

Pandemi virus corona membuat Anda harus di rumah saja? Manfaatkan tangga di rumah untuk saran olahraga ringan yang baik guna membantu menurunkan hipertensi.



5. Berkebun

Tidak harus selalu olahraga, aktivitas fisik seperti berkebun juga cukup menguras energi lho, Moms. Pekerjaan rumah lainnya juga bisa dihitung sebagai aktivitas fisik sedang-ringan. Nah, agar hipertensi turun, rutin ‘olahraga’ seperti berkebun dan bersih-bersih rumah juga efektif, Moms.

Hindari Olahraga Ini!

Jika Anda mengalami hipertensi, maka AHA menyarankan untuk menghindari beberapa jenis olahraga ini:

Angkat Beban

Terlebih jika Anda melakukannya tanpa supervisi dari pelatih profesional. Jika Anda merasa mampu melakukan angkat beban, terlebih dahulu konsultasikan dengan dokter Anda. Perlu diketahui, angkat beban bisa meningkatkan peningkatan tekanan darah sementara pada tubuh.

Tinju

Olahraga penuh semangat dengan ledakan adrenalin singkat seperti ini sebaiknya dihindari oleh para penderita hipertensi.

Squash

Alasan yang sama dengan tinju, sebaiknya penderita hipertensi menghindari olahraga jenis ini.

Scuba Diving

Sebenarnya ini tergantung dari seberapa parah hipertensi yang Anda alami dan pengobatan apa yang Anda konsumsi. Sebelum melakukan scuba diving, konsultasikan dulu dengan dokter dan informasikan ke instruktur diving Anda. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: hipertensi,   darah tinggi,   olahraga,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020