Mother&Baby Indonesia
Adult Acne, Jerawat yang Muncul di Usia Dewasa

Adult Acne, Jerawat yang Muncul di Usia Dewasa

Jerawat adalah kondisi kulit inflamasi yang paling sering terjadi selama masa pubertas. Tetapi jerawat juga ternyata bisa muncul dan menyerang orang dewasa atau bisa disebut dengan adult acne. Ketahui apa itu adult acne dan cara menghindarinya berikut ini!

Apa Itu Adult Acne?

Dilansir dari Laman Harvard.edu, adult acne atau jerawat dewasa adalah jerawat yang  muncul usai masa puber selesai. Umumnya, jerawat ini terjadi setelah usia 25 tahun. Sebagian besar faktor yang sama yang menyebabkan jerawat pada remaja juga berperan pada pada munculnya jerawat dewasa ini. Empat faktor yang secara langsung berkontribusi pada jerawat adalah: produksi minyak berlebih, pori-pori menjadi tersumbat oleh sel-sel kulit, bakteri, dan peradangan yang 'lengket'.

Tak hanya mengganggu penampilan, jerawat yang muncul saat dewasa ini juga cukup sulit untuk diatasi. Kemunculan adult acne dapat ditandai dengan kemunculan jerawat ringan, yakni komedo, whiteheads, atau pustula kecil. Jerawat dewasa yang parah sering disertai dengan kemerahan yang lebih ekstrem, pembengkakan, iritasi, dan kista yang dalam.



Apa Penyebab Adult Acne?

Sebenarnya, tidak ada penyebab pasti munculnya adult acne, tapi umumnya jerawat jenis ini dipicu oleh kebiasaan buruk, seperti gaya hidup serta pola aktivitas yang tidak teratur. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab adult acne, yaitu:

• Perubahan hormon, stres, dan siklus menstruasi pada wanita, yang semuanya dapat memengaruhi produksi minyak.

• Penggunaan produk rambut, produk perawatan kulit, dan makeup, yang dapat menyumbat pori-pori.

• Melakukan diet, yang dapat memengaruhi peradangan di seluruh tubuh.



• Mengonsumsi sejumlah obat, seperti kortikosteroid, steroid anabolik, dan lithium, juga dapat menyebabkan jerawat.

Bagaimana Mencegah Adult Acne?

Beberapa cara berikut ini bisa Anda lakukan untuk mencegah adult acne, Moms, yakni:

• Jangan pernah tidur dengan makeup di wajah yang belum dibersihkan.

• Periksa label ketika membeli produk kosmetik dan perawatan kulit, selalu mencari istilah "non-comedogenic", "bebas minyak", atau "tidak menyumbat pori-pori".

• Hindari minyak wajah dan produk rambut yang mengandung minyak. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: adult acne,   jerawat,   kesehatan