Mother&Baby Indonesia
Manfaat Mengonsumsi Suplemen Klorofil untuk Kesehatan

Manfaat Mengonsumsi Suplemen Klorofil untuk Kesehatan

Moms, saat mendengar kata klorofil, mungkin yang timbul di benak Anda adalah minuman berwarna hijau yang berasal dari tumbuhan atau sayuran hijau. Zat ini sebenarnya berguna untuk membantu proses fotosintesis tanaman tersebut.

Zat klorofil pun sempat populer karena ternyata dapat memberikan manfaat kesehatan dalam tubuh. Ada yang mengonsumsinya dalam bentuk suplemen, dengan berkonsultasi dahulu pada dokter tentunya. Klorofil juga bisa didapat dari sumber alami, seperti dari bayam, sawi hijau, brokoli, kubis hijau, teh hijau matcha, kacang hijau, peterseli, kacang polong, dan daun bawang.

Ragam Manfaat Klorofil

Umumnya, ragam sumber klorofil ini akan diproses menjadi jus untuk diminum, agar mempermudah penyerapannya dalam tubuh. Nah, apa saja manfaat yang bisa didapatkan setelah mengonsumsi zat klorofil secara rutin? Berikut selengkapnya, Moms:



1. Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi zat klorofil ternyata baik dilakukan saat Moms ingin menurunkan berat badan agar lebih sehat. Keberhasilannya ini cukup tinggi sehingga menjadi favorit banyak wanita juga pria.

2. Menjaga kesehatan gusi

Klorofil, khususnya k link yang terdapat di daun Alfalfa (Medicago sativa) juga dapat berfungsi menjaga kesehatan gusi Anda. Selain itu, masalah bau tak sedap di mulut juga bisa teratasi berkat mengonsumsi klorofil.

3. Mengatasi masalah dalam darah

Bagi penderita anemia dan talasemia, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi klorofil. Dengan begitu, maka kualitas sel darah merah akan diperbaiki dan semakin meningkat. Kondisi ini terjadi karena klorofil memiliki sifat yang serupa dengan hemoglobin secara kimiawi.

4. Baik untuk kulit

Bagi Moms yang memiliki luka seperti bekas operasi caesar, maka konsumsi klorofil bisa membantu menghilangkan bekasnya. Selain itu, zat ini juga mampu mengobati masalah jerawat secara alami. Yang lebih spesial, klorofil juga mampu memudarkan tanda-tanda penuaan seperti flek hitam, keriput, dan lainnya.



5. Menjaga kesehatan tubuh

Hal yang lebih penting dari semua itu adalah klorofil dapat menjaga kesehatan tubuh Anda. Zat ini akan membantu mengoptimalkan fungsi metabolik, sistem imunitas, detoksifikasi, meredakan radang, dan menyeimbangkan sistem hormonal. Dengan begitu, tubuh akan lebih kuat melawan virus dan mencegah infeksi dalam tubuh, sehingga menjadi lebih sehat.

Efek Samping yang Bisa Terjadi


Meski terbukti baik untuk tubuh, Moms tetap tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi zat klorofil. Apabila berlebihan, maka risiko kesehatan bisa menghantui, seperti feses yang berwarna hijau atau menghitam, serta memicu masalah pencernaan seperti diare dan gastrointestinal.

Untuk itu, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan ahli gizi terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya secara rutin. Terutama pada ibu hamil dan menyusui, tanyakan dahulu kepada dokter tentang pemilihan suplemen zat klorofil yang aman dikonsumsi agar tak memberikan efek buruk pada perkembangan janin dan bayi nantinya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   klorofil