Mother&Baby Indonesia
Tips agar Anak Betah Pakai Masker saat Harus Keluar Rumah

Tips agar Anak Betah Pakai Masker saat Harus Keluar Rumah

Salah satu cara yang dianjurkan untuk menjaga agar kita tidak tertular virus corona selama pandemi ini adalah dengan mengenakan masker saat berada di luar rumah. WHO sendiri mengingstruksikan agar semua orang memakai masker, baik orang dewasa maupun anak-anak.

Buat orang dewasa, mengenakan masker mungkin merupakan hal yang biasa. Namun berbeda dengan anak-anak, terutama balita. Banyak balita yang merasa tidak betah saat harus ada sesuatu di wajah mereka seperti masker. Tidak mudah memang membuat anak merasa nyaman mengenakan masker di wajah mereka. Apakah Anda juga mengalaminya pada Si Kecil, Moms?

Lantas bagaimana caranya membujuk anak agar ia mau memakai masker saat Moms mesti membawanya ke luar rumah, misalnya untuk suntik imunisasi? Berikut ini sejumlah tips yang bisa Anda lakukan agar Si Kecil betah mengenakan masker dan tidak mencopotnya melulu.



1. Berikan Pemahaman dengan Jelas

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memberikan pemahaman dengan bahasa sederhana, kenapa Si Kecil perlu mengenakan masker. Bisa jadi balita Anda belum terlalu mengerti kenapa ia harus memakai masker saat pergi ke luar rumah. Jadi, bantu Si Kecil memahami kondisi yang tengah terjadi.

Moms, misalnya, bisa jelaskan bahwa penggunaan masker sangat penting untuk menjaga agar kita tetap sehat, terlindungi dengan baik, dan tidak tertular virus dari orang lain. Anda juga bisa membandingkannya dengan aktivitas yang sudah diketahui Si Kecil untuk menjaga kesehatan dan kebersihan, seperti mandi dan mencuci tangan.

Moms pun bisa membantu memberikan pemahaman lebih mudah pada anak dengan perumpamaan cara penyebaran dan penularan virus, contohnya dengan membubuhkan bedak di tangan, lalu sentuh sejumlah benda, seperti gagang pintu, meja, bahkan mulut, yang akan meninggalkan bekas putih. Nah, bekas putih tersebut adalah virus yang bisa menyebar dan menular, tapi bisa dihindari dengan memakai masker.



2. Contohkan Terlebih Dulu

Si Kecil akan lebih mudah menuruti perkataan Anda jika Anda mencontohkannya terlebih dulu. Karena itu, Moms perlu memberi contoh. Perlihatkan pada balita bahwa Anda juga memakai masker setiap harus pergi ke luar rumah. Dengan begitu, anak akan mengikuti dan merasa ditemani. Moms juga sebaiknya mencontohkan bagaimana cara memakai masker yang baik dan membuatnya nyaman dengan masker di wajah.

3. Minta Anak Memilih Maskernya Sendiri

Pastikan anak memakai masker yang sesuai dengan ukurannya ya, Moms, agar ia nyaman ketika mengenakannya. Jika Moms ingin membeli masker untuk anak, ajak Si Kecil ikutan memilih masker yang disukainya. Atau Jika Moms membuat sendiri masker kain di rumah, ikutkan anak dalam proses pembuatannya. Hal ini bisa membuat Si Kecil merasa punya andil dalam memilih masker yang disukainya. Moms juga bisa memberikan tambahan hiasan pada masker kain Si Kecil, misalnya dengan memberikan telinga dan belalai sehingga masker seperti muka gajah.

4. Buat Anak Terbiasa dengan Masker

Salah satu cara agar anak betah dan nyaman mengenakan masker adalah membuatnya seolah mengenakan masker merupakan sesuatu yang normal, sehingga Si Kecil lama-lama akan terbiasa dengan keberadaan masker di wajahnya. Moms juga bisa membuat momen memakai masker jadi permainan yang menarik Si Kecil, misalnya menebak ekspresi wajah di balik masker. Foto juga Si Kecil dalam berbagai gaya sambil mengenakan masker dan perlihatkan hasilnya pada anak.

5. Berikan Reward

Ini tips yang klasik namun selalu ampuh buat balita, Moms. Ya, jika Si Kecil berhasil mengenakan masker selama di luar rumah dan tidak rewel, Anda bisa berikan hadiah untuknya. Sebaliknya, Anda harus bersabar dan tidak perlu mengomeli anak jika ia merasa kurang nyaman dengan masker di wajahnya. Meminta anak melakukan kebiasaan baru memang tidak selalu mudah, butuh waktu agar ia terbiasa. Tapi, selama Anda di luar rumah bersama Si Kecil, selalu ingatkan ia untuk tetap memakai masker di wajahnya ya, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   masker,   anak pakai masker,   balita pakai masker