Mother&Baby Indonesia
Mandiri Banget! Ini 7 Karakter Anak Pertama

Mandiri Banget! Ini 7 Karakter Anak Pertama

Tahukah Anda? Salah satu faktor yang menentukan karakteristik anak adalah urutan lahirnya. Ya, sifat anak pertama, tengah, terakhir, dan satu-satunya, tentu berbeda. Hal tersebut dipaparkan oleh doktor Kevin Leman, psikolog yang fokus pada studi tentang urutan lahir sejak 1967, sekaligus penulis The Birth Order Book: Why You Are the Way You Are.

Kali ini M&B akan membahas mengenai karakter anak pertama menurut Kevin Leman, seperti yang ia paparkan pada Parents. Yuk, ketahui karakter anak pertama berikut ini, Moms!

Perfeksionis

Anak sulung atau anak pertama merupakan hasil asuh orang tua yang menggabungkan naluri dan trial-and-error. Biasanya orang tua baru membesarkan anak pertamanya sesuai ‘buku petunjuk’ atau serba yang terbaik. Hal inilah yang mungkin menyebabkan anak pertama tumbuh menjadi sosok yang perfeksionis.



Disiplin

Jangan kaget kalau ketika si sulung punya adik, maka ia pun bisa sama disiplinnya dengan Moms dalam mengasuh adik. Mungkin karena ia sering meniru kedisiplinan yang dicontohkan orang tuanya.

Mandiri

Mengurus kebutuhannya sendiri? Ini bukan masalah bagi kebanyakan anak pertama. “Tumbuh dengan adik atau bahkan beberapa adik, artinya orang tua harus berbagi fokus ke banyak hal. Hal ini membuat anak pertama sering memenuhi kebutuhannya sendiri,” ujar Kryss Shane, BS, MS, MSW, LSW, LMSW, family science expert, pada Bustle.

Pemimpin Sejati

Anak pertama sering bertindak sebagai ‘kapten’ bagi adik-adiknya, hal ini membuatnya mampu menjadi pemimpin sejati. Sebuah studi dari University of Georgia menguak fakta bahwa anak pertama lebih mampu bertahan memegang peran pemimpin. Terbukti! Kebanyakan presiden Amerika Serikat adalah anak pertama, begitu juga dengan astronot dan CEO di perusahaan top dunia.



Pekerja Keras

Tak hanya mandiri dan pemimpin yang baik, anak pertama juga terkenal rajin bekerja keras. Tak ada tugas yang tak selesai di tangan anak pertama. Setuju, Moms?

Pintar Belajar Bahasa

Aneh tapi nyata, urutan lahir ternyata memengaruhi kecerdasan anak dalam menguasai bahasa kedua. Sebuah studi yang dimuat di jurnal Frontiers in Psychology menemukan fakta bahwa dalam keluarga bilingual, anak pertama menunjukkan kemampuan menguasai bahasa kedua lebih baik daripada adik-adiknya.

Tidak Suka Mengambil Risiko

Anak pertama umumnya berkelakuan lebih baik ketika remaja dibandingkan adik-adiknya. Sebuah studi yang dimuat di jurnal Economic Inquiry menemukan fakta bahwa anak pertama lebih jarang terlibat dalam penggunaan zat-zat terlarang dan aktif secara seksual, dibandingkan anak tengah dan anak terakhir.

Jadi, mana karakter anak pertama yang paling tepat menurut Anda, Moms? (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   karakter anak,   anak pertama,   anak sulung