Mother&Baby Indonesia
Ide Bermain Bersama Anak saat Orang Tua Sedang Lelah

Ide Bermain Bersama Anak saat Orang Tua Sedang Lelah

Sebagai orang dewasa sekaligus orang tua, Moms dan Dads tentu sering merasa kelelahan. Namun, saat berencana untuk istirahat, masih ada Si Kecil yang tetap semangat untuk bermain bersama Anda. Kalau sudah begini, pilihannya hanya tetap menemani anak bermain hingga ia puas.

Sayangnya, energi anak-anak sangat sulit untuk dihabiskan dalam sekejap. Alhasil, Anda perlu mencari cara untuk tetap bisa menghabiskan waktu bersama Si Kecil dengan permainan yang tak membutuhkan banyak tenaga dari orang tua. Apa saja permainan yang bisa dilakukan saat Moms dan Dads sedang kelelahan? Intip ide dari M&B berikut ini, yuk !

1. Mewarnai

Hanya membutuhkan buku bergambar atau polos dan pensil warna, Anda bisa mengajak Si Kecil untuk mewarnai. Agar lebih seru, Anda bisa sambil ngobrol dengan anak tentang warna yang ia pilih untuk objek yang ada di buku tersebut. Permainan ini tentu mudah dilakukan dan tak butuh banyak tenaga, baik fisik atau pikiran.



2. Dokter-dokteran

Ajak Si Kecil main dokter-dokteran jika ia memiliki mainan seperti stetoskop atau termometer. Moms dan Dads tinggal menjadi sang pasien, sehingga hanya perlu merebahkan diri. Lalu, Si Kecil yang akan memeriksa kondisi Anda sambil menggunakan alat mainannya untuk mengira-ngira apa yang sedang Anda alami.

3. Manfaatkan kardus

Anda bisa membantu Si Kecil menciptakan beberapa benda sebagai alat bermain dengan kardus utuh. Anak mungkin akan berimajinasi untuk menjadikannya sebagai rumah, mobil, atau kapal bajak laut. Cukup siapkan kardus yang agak besar agar muat untuk tubuh anak, pensil warna, dan biarkan ia berkreasi sendiri.




4. Bermain salon

Moms dan Dads juga bisa menjadi pelanggan salon milik Si Kecil, lho! Untuk bermain, siapkan saja sisir yang mudah digenggam anak dan cermin rias kepunyaan Moms. Lalu, biarkan anak berkreasi dengan rambut atau juga dandanan pada wajah Anda, layaknya sedang berada di salon untuk mempercantik diri.

5. Membaca buku

Aktivitas membaca buku bisa dilakukan kapan saja, dan Si Kecil tetap akan menikmatinya. Sebagai saran, pilihlah cerita yang agak santai dan tak membutuhkan banyak ekspresi ketika membacanya saat Moms dan Dads lelah. Selain menambah perbendaharaan kosakata anak, membaca buku juga dapat membantunya tenang dan mungkin ikut beristirahat dengan nyenyak.

6. Lomba Tidur

Permainan yang sangat mudah dan tak terpikirkan adalah mengadakan lomba tidur. Siapa yang tidur lebih cepat, ia yang menjadi pemenangnya. Hal ini tentu bisa membuat Si Kecil juga ikut beristirahat dan tidur bersama Anda yang sudah kelelahan setelah beraktivitas. Jadi, Moms dan Dads mau mencoba bermain apa hari ini? (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   ide bermain