Mother&Baby Indonesia
Mengenal Manfaat Sensory Play Balita: Color Rice

Mengenal Manfaat Sensory Play Balita: Color Rice

Melatih sensori anak usia balita memang bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan bermain menggunakan beras yang diwarnai atau dikenal dengan permainan color rice. Selain bisa mengenal banyak warna, Si Kecil juga jadi mengetahui tekstur beras itu sendiri.

Sensory Play Adalah…

Sebelum mengetahu cara membuat color rice, Moms perlu tahu maksud dari sensory play itu sendiri. Ini merupakan permainan yang mengasah sense atau panca indra anak, yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa, dan peraba.

Bentuk permainan sensory play sendiri beragam, tak hanya dari mainan yang sudah ada dan bisa dibeli di pasaran, tapi juga bisa Moms kreasikan sendiri. Bentuknya bisa dengan bermain pasir/beras atau air, menebak suara, melompat, hingga mengejar cahaya.



Dengan melakukan sensory play, balita akan bisa memiliki perkembangan yang lebih baik dari berbagai hal. Beberapa manfaat yang bisa Si Kecil dapatkan saat melakukan sensory play di antaranya:

• Otak dan jaringan di dalamnya lebih terlatih.

• Anak menjadi lebih dekat dengan orang tua, karena adanya bonding atau ikatan yang terjalin saat bermain bersama anak.

• Mendorong anak untuk bisa memiliki ‘pemikiran ilmiah’ dan mampu memecahkan masalah.

• Motorik kasar, motorik halus, keterampilan kognitif, kreativitas, kemampuan bersosialisasi, dan kecerdasan emosi anak akan semakin terlatih, begitu juga dengan kemampuan berbahasanya.

• Memberi anak rasa tenang, karena secara tidak langsung membuat anak dapat mengatur rasa bosan, gelisah, dan perasaan mengganggu lainnya saat bermain.



Sensory play sudah bisa dilakukan terutama saat anak sudah memasuki usia 8 bulan. Pada fase ini, Si Kecil sudah mampu berkomunikasi meski masih belum lancar dan pergerakan tubuhnya lebih lentur. Ia pun sudah mampu mengenal banyak hal hanya dengan sekali dengar atau sentuh.


Mengapa Bermain Color Rice?

Beras menjadi satu bahan yang cukup aman saat dimainkan anak dan mudah untuk dibentuk apa pun, layaknya pasir. Namun, jika pasir memiliki tekstur sangat kecil sehingga bisa berbahaya jika tak sengaja terhirup atau masuk ke mata anak, maka beras memiliki bentuk lebih besar dan mudah digenggam.

Untuk membuat color rice, Moms membutuhkan beras mentah yang diberi pewarna makanan. Lalu, tambahkan cuka untuk memperkuat warna agar tahan lama, dan jemur sebentar hingga kering. Setelah itu, color rice pun siap dijadikan mainan untuk Si Kecil.

Selain mengenal warna dan tekstur, anak juga dapat membentuk kumpulan beras menjadi angka dan huruf. Tambahkan alat bantu seperti gelas kecil dan sendok untuk mengajarkan anak tentang menyendok dan menakar beras sesuai ukuran beras.

Dengan memanfaatkan mainan berbahan sederhana, Moms sudah bisa melatih Si Kecil banyak hal, tak hanya motorik kasar dan halus, perkembangan otak, tapi juga kemampuannya untuk berimajinasi ketika bermain, khususnya saat bersama Anda. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   sensory play,   color rice