Mother&Baby Indonesia
13 Benda di Rumah yang Harus Diwaspadai Anak Balita

13 Benda di Rumah yang Harus Diwaspadai Anak Balita

Bagi Moms yang memiliki anak usia balita, memantau Si Kecil agar selalu aman dari berbagai benda berbahaya memang tak ada habisnya, ya. Sebentar saja membiarkan anak bermain bebas tanpa pengawasan, ada saja aksi unik Si Kecil yang membuat Anda khawatir.

Nah, agar kejadian atau kecelakaan tak disengaja tersebut tidak terjadi pada Si Kecil, Moms perlu mengajarkan anak untuk mewaspadai benda-benda di rumah. Ya, karena Anda tidak bisa melindungi Si Kecil 24 jam tanpa lengah! Apa saja benda di dalam rumah yang harus diwaspadai Si Kecil? Scroll down, Moms.

DAPUR

• Benda-benda tajam (seperti pisau, gunting, dan garpu) sebaiknya disimpan di laci yang aman dan bisa dikunci. 



• Barang pecah belah. Ini sebaiknya disimpan di lemari bagian atas yang sulit diraih anak.

• Benda dengan bilah pisau (seperti blender atau food processor). Simpanlah di tempat yang sulit diraih anak atau di lemari yang bisa dikunci.

Tips: Ketika Anda sibuk di dapur, ajarkan anak untuk tidak ikut ke dapur dan menjadikannya tempat bermain. Anak perlu tahu fungsi dari benda-benda di atas, namun perlengkapan dapur Moms bukan mainan yang boleh diambil kapan saja tanpa pantauan. Perlahan tapi pasti, anak akan mengerti peraturan di dapur yang harus ia patuhi.

KAMAR MANDI

• Pisau cukur. Selalu simpan benda ini di lemari terkunci yang jauh dari jangkauan anak.

• Perlengkapan mandi. Sabun, sampo, dan perlengkapan mandi lainnya harus digunakan anak dalam pantuan Anda ya, Moms.

• Sudut tajam bak mandi atau wastafel. Ini sangat berbahaya ketika anak tergelincir di lantai yang licin. Ajarkan anak untuk bersikap ekstra waspada di kamar mandi ya, Moms.



AREA CUCI BAJU

Deterjen. Pastikan Moms menyimpannya di rak yang tidak terjangkau anak, terutama jika Moms menggunakan pod-detergent yang bentuknya menggemaskan seperti permen.

• Mesin cuci. Walau dalam keadaan mati, namun anak sering penasaran dengan isi mesin cuci. Tak jarang anak berusaha masuk dan terjebak di dalam mesin cuci.

• Penjepit baju. Benda ini mengandung partikel kecil yang bisa membuat anak tersedak.

• Pemutih pakaian. Walau baunya cukup menyengat, namun tetap saja anak sering penasaran dengan botol pemutih. Maka pastikan botol-botol di area cuci baju aman dari Si Kecil.

RUANG KELUARGA

• TV. Banyak kejadian anak tertimpa TV karena berusaha memanjatnya. Maka ada baiknya jika TV terpasang dengan baik dan kokoh dinding.

Rak buku. Rak atau lemari pajangan adalah benda yang menarik untuk balita! Jangan sampai rak ini jatuh menimpa anak. Amankan dengan merekatkannya ke dinding menggunakan baut.

Kotak obat. Ini mungkin kotak paling berbahaya untuk anak! Jauhkan dari jangkauan anak ya, Moms! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   keselamatan anak,   keamanan anak