Mother&Baby Indonesia
Mengenal Busy Book dan Manfaatnya untuk Balita Anda

Mengenal Busy Book dan Manfaatnya untuk Balita Anda

Di era digital saat ini, gadget seakan telah menjadi barang yang wajib dimiliki oleh setiap keluarga. Bahkan fungsinya pun terkadang telah berubah, tak sekadar menjalin komunikasi, melainkan juga sebagai hiburan buat anak.

Ya, banyak orang tua yang memberikan gadget kepada anak mereka ketika Si Kecil sedang rewel. Biasanya, setelah memegang gadget, balita akan tenang karena sibuk bermain dengan gadget yang diberikan. Moms pun bisa tenang dan tidak lagi diributkan oleh kerewelan Si Kecil.

Namun, kita semua tentu sudah tahu bahwa pemberian gadget pada balita untuk menyibukkan diri mereka bukanlah merupakan sebuah kebiasaan yang baik. Pemberian gadget pada balita bisa berakibat pada terganggu dan terhambatnya keterampilan motorik, bicara, emosi dan kognitif anak.



Nah, untuk mengurangi kebiasaan balita bermain dengan gadget, Moms bisa berikan Si Kecil busy book sebagai alternatif untuk mengisi kegiatannya. Untuk Moms yang belum tahu mengenai busy book, berikut penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Busy Book?

Busy book adalah semacam mainan bagi anak-anak dalam bentuk buku (book) dengan setiap halamannya berisi berbagai macam kegiatan untuk balita. Dengan busy book, Si Kecil bisa melakukan aktivitas seperti mencocokkan gambar, mengenal dan merangkai huruf atau angka, belajar berhitung, dan banyak permainan interaktif lainnya yang bisa dilakukan Si Kecil.

Dengan adanya busy book ini, balita Anda bisa asyik bermain dan sibuk (busy) dengan berbagai macam aktivitas yang terdapat di dalamnya. Dengan busy book, Si Kecil akan sibuk mengutak-atik setiap halaman sesuai dengan aktivitas yang ada di halaman tersebut. Dan setiap halaman menawarkan kegiatan yang berbeda-beda sehingga bisa meningkatkan keterampilan dan kreativitas anak, Moms.

Selain dikenal dengan istilah busy book, ada juga yang menyebutnya dengan istilah quiet book karena bisa membuat anak menjadi tenang (quiet) dan asyik bermain dengan buku tersebut, atau soft book karena bukunya terbuat dari bahan yang lembut (soft), seperti kain flanel atau felt maupun karton tebal yang tahan air.



Manfaat Busy Book untuk Anak

Busy book sangat cocok untuk teman main anak dan mengisi waktu Si Kecil dengan aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat. Busy book akan membantu meningkatkan kreativitas anak, melatih keterampilan motoriknya, dan merangsang keingintahuannya akan sesuatu.

Saat membuka busy book, Si Kecil bisa bermain sambil belajar, misalnya belajar mengenal huruf angka, warna, bentuk, dan tekstur. Bahkan beberapa busy book juga akan mengenalkan pada Si Kecil cara mengancingkan baju, mengikat tali sepatu, membuka dan menutup ritsleting, serta masih banyak lagi keterampilan dasar yang bisa dikenalkan pada balita, Moms.

Selain itu, busy book yang berbahan lembut aman sebagai teman bermain Si Kecil, mudah dibawa bepergian sehingga balita Anda bisa terhindar dari rasa bosan selama di perjalanan yang bisa membuatnya rewel. Dan yang pasti, busy book bisa mengalihkan Si Kecil dari gadget.

Anda bisa membeli busy book, atau Anda bahkan bisa membuatnya sendiri lho, Moms, dengan aktivitas yang Anda rancang sendiri untuk meningkatkan keterampilan Si Kecil. Ada banyak ide dan tutorial yang bisa Anda lihat untuk membuatnya. Yuk, kenalkan busy book pada anak sebagai teman untuk mengisi aktivitasnya, Moms! (M&B/SW/Dok. Sensoryoasisforkids.com.au)



Tags: anak,   balita,   busy book










Cover Mei-Juni-Juli 2020