Mother&Baby Indonesia
Kenapa Anak Takut Potong Rambut? Ini Penjelasannya

Kenapa Anak Takut Potong Rambut? Ini Penjelasannya

Saat rambut Si Kecil sudah cukup panjang sehingga membuatnya tidak nyaman, mau tak mau Anda harus memotong rambutnya. Namun momen potong rambut anak tampaknya jadi hal yang cukup menantang bagi sebagian orang tua.

Ketika Moms membawanya untuk potong rambut di salon anak, mungkin Moms akan menghadapi keributan yang dibuat Si Kecil, seperti berteriak karena tak mau potong rambut atau ia menangis karena takut potong rambut. Bila hal tersebut yang Anda hadapi, tentu Anda akan merasa tidak enak hati ya, pada pelanggan lain atau pekerja di salon.

Penyebab Balita Takut Potong Rambut

Tapi, sebenarnya apa sih, yang membuat Si Kecil takut potong rambut? Ini dia beberapa penyebabnya, Moms



1. Si Kecil tak mengenal lingkungan salon

Salon merupakan lingkungan asing bagi anak ketika Moms membawanya untuk potong rambut. Mungkin Si Kecil tidak terbiasa mendengar kebisingan di salon, suara orang dewasa yang mengobrol keras, atau bahkan suara dari alat yang digunakan ketika memotong rambutnya. Kesan yang ia dapat dari keseluruhan lingkungan di salon ini bisa membuatnya merasa terintimidasi.

2. Banyak orang asing yang tak ia kenal

Saat Anda membawa Si Kecil untuk potong rambut di salon, Anda sebaiknya memilih waktu yang pas. Bila Anda membawanya saat banyak orang yang mengantre untuk potong rambut, rasa malu atau takut akan timbul pada diri Si Kecil, dan ia mungkin menangis ketika ada orang asing yang mengajaknya berbicara.

3. Alat potong rambut yang tidak familiar

Gunting adalah alat yang tajam, sisir dapat menyentuh ke dalam kulit kepala. Ketika Si Kecil merasa tidak nyaman atau kesakitan dengan alat-alat yang digunakan saat memotong rambutnya, ia mungkin akan menangis sehingga bisa menghambat proses potong rambut, atau bahkan Si Kecil malah tak ingin melanjutkan proses potong rambut.



Tips agar Balita Tidak Takut Potong Rambut di Salon

Bila Moms ingin menghindari drama potong rambut saat membawa balita ke salon, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

1. Mengajak Si Kecil ke salon sehari sebelum jadwalnya untuk potong rambut

Saat suami Anda atau kakak Si Kecil potong rambut, Anda bisa mengajak serta Si Kecil ke salon tersebut. Biarkan ia beradaptasi dengan lingkungan salon dan para pekerja salon, sehingga saat keesokan harinya saat akan potong rambut, ia akan merasa lebih nyaman karena sudah mengenal lingkungan salon.

2. Beri bayangan yang menyenangkan saat Si Kecil potong rambut di salon

Beri tahu Si Kecil bahwa ia akan bersenang-senang ketika potong rambut di salon. Saat ia potong rambut, katakan padanya bahwa Anda akan menggenggam tangannya, dan ia bisa membawa mainan favoritnya. Tak ada salahnya juga Anda menjanjikan suatu hal yang akan Anda lakukan bersama Si Kecil setelah potong rambut, entah itu pergi makan es krim, atau membelikan mainan baru untuknya.

3. Pastikan pekerja di salon profesional

Sebelumnya, Anda bisa memastikan apakah pekerja atau orang yang akan memotong rambut Si Kecil cukupĀ  berpengalaman dan biasa menghadapi anak kecil. Pastikan juga ia cukup sabar dan santai saat melakukan pendekatan dengan anak Anda, Moms. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   potong rambut,   anak takut potong rambut