Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Manfaat Kacang Merah untuk MPASI Bayi Anda

Moms, Ini Manfaat Kacang Merah untuk MPASI Bayi Anda

Tahukah Moms? Daging dan telur bukan satu-satunya sumber protein yang bisa dimasukkan ke dalam menu makanan pendamping ASI atau MPASI Si Kecil. Bayi Anda juga bisa mendapatkan asupan protein nabati dari kacang-kacangan, salah satunya kacang merah.

Berdasarkan kandungan gizinya, kacang merah termasuk jenis bahan makanan nabati yang memiliki nutrisi cukup lengkap. Selain protein, kacang merah juga mengandung karbohidrat, vitamin C, vitamin B, folat, serat, serta mineral termasuk kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, dan zinc.

Menurut Fatsecret Indonesia, semangkuk bubur kacang merah mengandung 225 kalori yang setara dengan 0,88 gram lemak, 15,35 gram protein, serat 13,1 gram, dan 40,36 gram karbohidrat, serta 421 mg sodium dan 713 mg kalium. Oleh sebab itu, kacang merah memiliki banyak manfaat bagi Si Kecil jika Moms menggunakannya sebagai salah satu menu MPASI-nya. Berikut beberapa manfaat kacang merah buat Si Kecil.



1. Mencegah Defisiensi Zat Besi

Kacang merah mengandung zat besi yang baik bagi pembentukan hemoglobin atau protein dalam sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tercukupinya kebutuhan zat besi Si Kecil akan bisa mencegahnya mengalami penyakit anemia akibat defisiensi zat besi.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Antioksidan yang terkandung dalam kacang merah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel yang berada di dalam tubuh bayi. Saat pandemi COVID-19 seperti sekarang, tentunya penting bagi Moms untuk menjaga agar sistem imunitas Si Kecil bekerja maksimal, salah satunya dengan memasukkan kacang merah untuk menu MPASI. Oh ya, antioksidannya juga dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan magnesium dalam semangkuk kacang merah dapat menjaga tubuh Si Kecil terhindar dari serangan jantung dan menjaga kesehatan jantungnya. 

4. Mencegah Kolesterol Jahat

Karbohidrat dan serat makanan yang ada dalam kacang merah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat pada kacang merah yang larut dalam tubuh, membentuk gel seperti zat di perut yang dapat mengelilingi kolesterol dan mencegahnya terserap ke dalam tubuh.



5. Baik bagi Bayi Penderita Diabetes

Apabila buah hati Anda menderita diabetes turunan, mengonsumsi kacang merah akan bagus untuk dirinya. Hal tersebut disebabkan karena karbohidrat dalam kacang merah tidak terlalu cepat diubah menjadi gula oleh tubuh. Sehingga kadar gula darah dalam tubuh Si Kecil menjadi seimbang.

6. Meningkatkan Kualitas Daya Ingat

Semangkuk bubur kacang merah yang kaya akan vitamin B1 sangat bagus untuk meningkatkan fungsi kognitif bayi. Asupan vitamin B1 yang cukup dapat membantu proses sintesis asetilkolin, suatu neurotransmitter penting yang dapat meningkatkan konsentrasi serta daya ingat bayi Anda.

7. Sumber Energi

Kandungan mangan dalam kacang merah dapat memecah nutrisi dan menjadikannya energi bagi tubuh. Hal ini tentunya sangat pas bagi bayi yang sedang aktif bergerak dan bereksplorasi.

8. Memperkuat Tulang

Kacang merah juga mengandung kalsium dan mangan yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Keduanya punya andil dalam membuat tulang serta persendian Si Kecil sehat dan kuat. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   kacang merah,   mpasi