Mother&Baby Indonesia
5 Cara Mudah Mengajarkan Bayi Merangkak

5 Cara Mudah Mengajarkan Bayi Merangkak

Ketika bayi Anda sudah berusia sekitar 6-7 bulan, biasanya ia akan mulai menunjukkan ketertarikan untuk merangkak. Fase merangkak ini sangat penting lho, Moms, karena turut menunjang kemampuan motorik Si Kecil.

Namun bagaimana jika Si Kecil tak kunjung merangkak? Jangan panik dulu, Moms. Menurut dr. Rouli Nababan, SpA, belum bisa merangkak di usia 8 bulan masih tergolong normal dan Moms bisa menunggu hingga usianya 1 tahun.

Nah, untuk membantu Si Kecil lancar merangkak, Moms bisa menerapkan beberapa cara mudah di bawah ini. Yuk, dicoba!



1. Tummy Time!

Moms bisa mulai mengenalkan dan membiasakan tummy time pada Si Kecil saat ia berumur 3-4 bulan, sesuai anjuran American Academy of Pediatrics (AAP). Pada umur itu, biasanya otot leher bayi sudah cukup kuat dan ia mulai mampu mengontrol gerakan leher serta kepala, termasuk menegakkan kepala saat tengkurap. Dengan rutin melakukan tummy time, bayi juga turut memperkuat otot-otot yang dibutuhkan untuk merangkak.

2. Beri Motivasi

Motivasi yang dimaksud tidak cuma semangat, tetapi juga dengan memberikan benda-benda yang menarik agar anak ‘terpancing’ untuk meraihnya. Letakkan Si Kecil dalam posisi tummy time, kemudian letakkan mainan atau benda-benda yang disukai anak tak jauh darinya. Biarkan anak berusaha meraihnya dengan bergerak sedikit demi sedikit. Perlahan tapi pasti, Si Kecil akan mulai merangkak.



3. Hindari Baby Walker

Penggunaan baby walker dan baby bouncer sekarang sudah tidak disarankan lagi, Moms! Alat-alat seperti itu justru membuat bayi tidak mengenal lantai, dan tidak memotivasinya untuk merangkak. Jadi daripada menaruh Si Kecil di baby walker, bouncer, atau bahkan stroller, lebih baik berikan ia lebih banyak waktu untuk melantai.

4. Suasana yang Mendukung

Siapkan suatu area yang kosong, aman, dan sudah dialasi matras, kemudian biarkan Si Kecil menikmati area tersebut untuk bermain. Atur area itu sebaik mungkin dengan beberapa mainan yang memotivasi anak untuk meraihnya. Jangan lupa lengkapi Si Kecil dengan baju dan celana panjang ya, agar kulitnya tetap terlindungi ketika ia belajar merangkak.

5. Merangkak Bersama

Walau mainan yang ia sukai sudah ada di depan mata, namun bisa jadi Si Kecil tidak tahu cara meraihnya karena ia tidak tahu cara merangkak. Nah, untuk itu sangat baik jika Moms bisa merangkak bersama Si Kecil. Ini tak hanya mengajarkan anak cara merangkak, tetapi juga memotivasinya untuk lebih semangat bergerak. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   bayi merangkak,   mengajarkan bayi merangkak