Mother&Baby Indonesia
Peralatan Wajib Merawat Bayi Selama Pandemi

Peralatan Wajib Merawat Bayi Selama Pandemi

Sudah jadi rahasia umum bahwa merawat bayi bukan urusan yang mudah, terlebih lagi bagi ibu baru. Dengan daya tahan tubuh yang belum matang dan organ tubuh yang masih berkembang, Si Kecil menjadi lebih rentan untuk terjangkit berbagai penyakit.

Tentunya sebagai orang tua, Anda tak ingin Si Kecil sakit ya, apalagi kita sedang dihadapi dengan pandemi COVID-19. Maka dari itu, proses merawat Si Kecil perlu diiringi dengan berbagai perlengkapan yang tepat. Di samping kebutuhan dasarnya, seperti popok dan susu (baik ASI maupun susu formula), ada beberapa peralatan yang mungkin Anda perlukan dalam merawat Si Kecil selama pandemi ini berlangsung. Berikut daftarnya, Moms.

1. Breastpump

Menyusu langsung adalah rekomendasi utama untuk pemenuhan gizi Si Kecil di enam bulan pertama kehidupannya. Tapi, selama pandemi mungkin Anda memiliki lebih banyak tugas dan tanggung jawab. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk memiliki breastpump guna membantu Anda memasok susu untuk Si Kecil, Moms.



2. Hand Sanitizer

Hand sanitizer menjadi salah satu perlengkapan wajib bagi semua orang selama pandemi, tak terkecuali bagi Anda saat merawat Si Kecil. Selalu jaga kebersihan diri dengan menggunakan hand sanitizer dan mencuci tangan minimal 20 detik setiap ingin dan setelah memegang Si Kecil. Menurut World Health Organization, langkah ini merupakan beberapa cara utama untuk mencegah penularan COVID-19. Namun, penting untuk diingat, jangan gunakan hand sanitizer pada bayi!

3. Humidifier

Bila Si Kecil menunjukkan gejala demam atau pilek ringan di tengah kondisi pandemi, Anda dapat menyediakan humidifier di kamarnya sebagai tindakan penanganan pertama. Pemberian obat tanpa resep dokter sangat tidak disarankan pada anak di bawah usia dua tahun. Dilansir dari What To Expect, dr. Danielle Fisher, M.D., F.A.A.P., dokter anak dan wakil ketua pediatri di Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica, menyatakan bahwa humidifier merupakan cara cemerlang untuk mengatasi hidung mampet pada bayi.



4. Masker

Penggunaan masker juga digadang sebagai salah satu cara terbaik mencegah COVID-19. Masker dapat mencegah Anda menyentuh area sensitif wajah dan penyebaran droplet. Gunakan masker saat membersihkan popok Si Kecil atau ketika bermain bersamanya. Memang mungkin Anda tidak merasa sakit, tapi tindakan berjaga-jaga dan waspada adalah teman terbaik di masa pandemi.

5. Tisu Basah

Mungkin tisu basah tak hanya menjadi sobat yang dibutuhkan selama pandemi, karena memang fungsinya yang penuh guna dan efisien. Tisu basah dapat membantu Anda menjaga kebersihan banyak hal, mulai dari membersihkan tangan Anda sendiri sebelum memegang Si Kecil hingga membersihkan area main Si Kecil.

Gunakan varian tisu basah dengan tepat. Hindari penggunaan tisu basah beralkohol tinggi pada Si Kecil, dan gunakan yang mengandung antiseptik untuk membersihkan tangan Anda dan sekitar. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: pandemi,   covid-19,   perawatan bayi,   bayi










Cover April 2020