Mother&Baby Indonesia
8 Makanan yang Bisa Bantu Memudahkan Persalinan Anda

8 Makanan yang Bisa Bantu Memudahkan Persalinan Anda

Para ahli setuju bahwa melahirkan adalah salah satu kegiatan yang membutuhkan banyak usaha fisik. Maka wajar saja bila hampir semua ibu mengharapkan persalinannya dapat berjalan lancar dan minim masalah.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk membantu memudahkan proses persalinan, salah satunya dengan mengonsumsi beberapa makanan tertentu. M&B telah merangkum beberapa makanan yang dipercaya banyak orang mampu membantu proses persalinan. Apa saja, ya?

1. Kurma

Bukan hanya kisah kuno bahwa kurma dapat membantu persalinan, karena penelitian di tahun 2008 menyatakan kesimpulan yang mendukung kisah ini. Studi yang dimuat di Journal of Obstetrics and Gynaecology ini menemukan bahwa ibu yang mengonsumsi kurma setiap hari selama empat minggu sebelum tanggal persalinan berpeluang melahirkan secara alami dan mengalami pembukaan serviks yang lebih besar.



2. Teh daun raspberry merah

Masyarakat Eropa percaya bahwa mengonsumsi teh daun raspberry merah dapat membantu mempercepat kontraksi dan persalinan. Kaya akan zat besi, kalsium, dan vitamin, minuman herbal ini dipercaya mampu mendorong aliran darah menuju uterus sehingga mampu memancing kontraksi. Resepnya, minum teh daun raspberry merah saat kandungan berusia 32 minggu ya, Moms.

3. Nanas

Anda mungkin sering mendengar bahwa mengonsumsi nanas di trimester awal kehamilan sangat berbahaya karena dapat membuat kontraksi dini sehingga bisa menyebabkan keguguran. Maka, berdasarkan pemahaman ini nanas dapat membantu persalinan. Hal ini dilandaskan oleh kehadiran enzim bromelain yang diyakini mampu melembutkan serviks dan memancing kontraksi.

4. Yoghurt

Anda membutuhkan protein yang cukup untuk menghadapi persalinan, Moms. Protein berperan besar dalam proses perkembangan tubuh Si Kecil, mulai dari otak hingga kulit. Kekurangan protein dapat membuat proses perkembangannya tak optimal dan tubuh Anda melemah. Maka dari itu, mengonsumsi yoghurt dapat membantu memenuhi kebutuhan protein Anda, Moms.

5. Nasi merah

Karbohidrat dibutuhkan sebagai sumber energi bagi tubuh. Maka, nasi merah mengandung kadar serat yang tinggi dan menjadi sumber karbohidrat terbaik bagi Anda yang sedang menyambut persalinan. Kedua hal ini akan sangat Anda butuhkan saat melahirkan, terutama bila durasi bersalin Anda memakan waktu yang lama.



6. Makanan pedas

Banyak orang mengatakan bahwa makanan pedas dapat membantu memudahkan persalinan. Meskipun begitu, sebaiknya Moms jangan serta merta memakan makanan super pedas, karena bila terlalu banyak, perut akan terlalu mulas akibat kepedasan dan malah dapat membuat momen melahirkan tak terasa menyenangkan.

7. Licorice

Licorice, khususnya licorice hitam (black licorice), dipercaya mampu membantu memudahkan persalinan. Hal ini dikarenakan licorice kaya akan glycyrrhizin, yakni bahan yang dapat menstimulasi produksi prostaglandin.

Prostaglandin mampu membantu melembutkan serviks agar segera siap bersalin. Sebuah studi pada tahun 2002 yang dilakukan oleh peneliti Finlandia menemukan bahwa ibu yang mengonsumsi cukup banyak licorice saat hamil bersalin dua setengah hari lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak. Tapi hati-hati, karena konsumsi licorice yang terlalu banyak dapat menimbulkan diare ringan.

8. Terung

Kepercayaan bahwa terung dapat membantu persalinan dimulai oleh sebuah restoran di Amerika Serikat yang bernama Scalini’s. Restoran masakan Italia ini memiliki 300 gambar bayi yang digadang lahir setelah ibu mereka memakan menu eggplant parmesan, yakni salah satu hidangan khas Scalini’s. Walau belum ada penelitian medis yang mengamini hal ini, tapi tak ada salahnya untuk dicoba kan, Moms?

Walaupun begitu, jangan lupa juga untuk mengonsultasikan dengan dokter Anda terlebih dulu sebelum mengonsumsi makanan-makanan tersebut ya, Moms! (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   persalinan,   ibu melahirkan,   ibu hamil










Cover April 2020