Mother&Baby Indonesia
12 Ide Finger Food Mudah untuk Bayi

12 Ide Finger Food Mudah untuk Bayi

Setelah bayi Anda mulai mengenal makanan padat, selain memberikan makanan untuk Si Kecil dalam bentuk puree, Moms juga mungkin akan memberikan finger food, yaitu makanan yang mudah digigit, dikunyah, dan dipegang sendiri oleh bayi Anda.

Saat Moms memberikan finger food tersebut, Anda akan memotong-motong makanannya dalam bentuk kecil untuk menghindari kemungkinan bayi tersedak. Namun ketika Si Kecil mulai makan makanan padat, dan diberi makanan dengan potongan yang terlalu kecil, ia bisa jadi akan kesulitan untuk menggenggamnya, karena Si Kecil belum memiliki kemampuan untuk menggenggam benda dengan benar. Untuk itu, Si Kecil membutuhkan makanan dengan potongan yang lebih besar.

Ketika menyiapkan finger food untuk Si Kecil, selain memperhatikan soal ukuran makanannya, Moms juga perlu memperhatikan tekstur dari finger food tersebut. Bila Moms masih bingung makanan apa aja yang bisa Anda berikan sebagai finger food untuk bayi Anda, Moms bisa mengintip ide finger food berikut ini.



1. Pisang

Lumuri setengah pisang yang telah dipotong kecil dengan chia seeds atau sereal, sehingga pisang tersebut juga berfungsi sebagai pegangan untuk Si Kecil.

2. Brokoli kukus

Saat memberikan brokoli sebagai finger food Si Kecil, sisakan batang brokoli secukupnya untuk dijadikan pegangan bagi Si Kecil.

3. Ubi jalar panggang

Jangan memanggang terlalu banyak potongan ubi jalar dalam satu wajan, karena akan membuat ubi jalar lembek sehingga susah digenggam Si Kecil nantinya.

4. Mangga

Pastikan mangga yang Anda pilih untuk finger food Si Kecil ini cukup matang saat ia menggigit dengan gusinya, dan pilih mangga yang tidak terlalu matang agar mudah digenggam oleh Si Kecil.

5. Salmon panggang

Salmon adalah ikan yang mudah dipotong sehingga sangat cocok untuk dijadikan finger food buat Si Kecil.

6. Potongan omelet

Omelet juga bisa Anda jadikan finger food untuk Si Kecil dengan cara memotong-motongnya setelah matang menjadi bagian kecil yang mudah digenggam Si Kecil.



7. Potongan mentimun

Potong mentimun secara memanjang dengan ukuran yang tidak terlalu kecil sehingga mudah digenggam bayi Anda.

8. Kacang polong kukus

Kacang polong kukus ini memang bisa dijadikan finger food untuk Si Kecil. Namun mungkin perlu beberapa waktu hingga bayi Anda dapat mengambil dan menggenggam satu buah kacang polong dengan benar.

9. Pasta

Pasta berbentuk fusili yang sudah direbus mudah digenggam dan cocok sebagai finger food Si Kecil.

10. Ayam suwir

Anda bisa membuatkan ayam rebus untuk Si Kecil dan menyuwirnya sehingga lebih mudah digenggam menggunakan tangannya, Moms.

11. Potongan stroberi

Stroberi juga menjadi pilihan tepat untuk finger food Si Kecil, Moms.

12. Bola-bola nasi

Setelah nasi yang Anda masak matang, coba bentuk nasi tersebut menjadi bola-bola kecil sehingga bisa dijadikan finger food untuk Si Kecil. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: finger food,   makanan bayi,   bayi