Mother&Baby Indonesia
Manfaat Birth Ball untuk Kehamilan dan Persalinan Anda

Manfaat Birth Ball untuk Kehamilan dan Persalinan Anda

Selama hamil, Moms pasti merasa tak nyaman karena perubahan drastis yang terjadi pada bentuk tubuh Anda. Salah satu upaya yang dapat dilakukan agar ibu hamil bisa merasa lebih nyaman adalah dengan menggunakan birth ball.

Birth ball adalah bola berukuran cukup besar dengan bentuk yang menyerupai gym ball, namun dengan ukuran sedikit lebih besar. Birth ball juga dirancang khusus supaya tidak licin saat digunakan di lantai sehingga aman digunakan oleh ibu hamil.

Ada berbagai macam cara yang berbeda untuk menggunakan birth ball selama masa kehamilan dan persalinan. Namun perlu diingat saat persalinan, biasanya Anda akan banyak dibantu oleh seorang doula atau orang terlatih lainnya untuk memastikan keamanan penggunaan birth ball ini ya, Moms!



Birth ball banyak disarankan untuk digunakan selama masa kehamilan maupun untuk mempermudah proses persalinan, karena penggunaan bola ini memiliki beragam mafaat seperti berikut ini, MOms.

1. Mengurangi Sakit Punggung

Saat hamil besar terutama ketika perut sudah semakin membuncit, Moms pasti akan merasa tidak nyaman. Biasanya, pinggang dan punggung rasanya sakit serta pegal. Hal itu bisa dikurangi dengan rutin berlatih menggunakan birth ball. Penggunaan birth ball membantu mengurangi sakit punggung, sehingga memudahkan Anda untuk bergerak. Saat duduk di atas birth ball, posisikan tubuh lebih tegak sehingga tekanan ke tulang belakang berkurang.

2. Meningkatkan Aliran Darah ke Rahim

Pengggunaan birth ball juga bermanfaat untuk janin, lho! Rutin menggunakan birth ball dipercaya bisa melancarkan aliran darah ke rahim buat janin Anda. Selain itu, jika posisi janin kurang pas untuk Anda melakukan proses melahirkan secara normal, gerakan-gerakan dengan birth ball bisa membuat posisinya menjadi lebih baik.



3. Memperbesar Diameter Panggul

Ukuran panggul akan memengaruhi proses persalinan normal nantinya. Nah penggunaan birth ball secara rutin dapat memperbesar ukuran panggul Anda guna mengoptimalkan proses persalinan. Karena birth ball dapat membuat posisi tubuh lebih tegak, dan membantu membuka panggul lebih lebar, sehingga proses persalinan normal menjadi lebih singkat, apalagi saat kita menggunakannya beberapa bulan sebelum kelahiran.

4. Membantu Proses Persalinan

Karena ukurannya yang cukup besar dan fleksibel saat digunakan, birth ball sering dimanfaatkan untuk mempermudah ibu saat proses persalinan, misalnya membuat posisi tubuh Anda lebih tegak yang akan membantu bayi lebih mudah lahir. Waktu persalinan pun akan jauh lebih singkat.

Tak hanya itu, penggunaan birth ball juga dapat membantu meringankan nyeri selama persalinan, mengurangi rasa sakit saat kontraksi bahkan juga dapat meredakan kecemasan ketika persalinan berlangsung, Moms! (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: birth ball,   kehamilan,   persalinan,   ibu hamil










Cover Mei-Juni-Juli 2020