Mother&Baby Indonesia
Makanan Mengandung Omega-3 Terbaik untuk Ibu Hamil

Makanan Mengandung Omega-3 Terbaik untuk Ibu Hamil

Ketika seorang perempuan hamil, ia membutuhkan banyak nutrisi yang harus dipenuhi demi memenuhi kesehatan janin yang dikandungnya. salah satu nutrisi yang harus terpenuhi adalah asam lemak omega-3, yang terbukti dapat memberikan manfaat bagi ibu dan bayi dalam kandungan, terutama asam eikosapentanoat (EPA) dan asam dokosaheksanoat (DHA).

Jenis asam lemak ini sangat diperlukan untuk perkembangan otak, sistem saraf, dan penglihatan janin. Asupan asam lemak yang cukup selama kehamilan juga dapat mengurangi risiko kelahiran prematur. Nah, untuk itu, yuk ketahui jenis makanan apa saja yang memiliki kandungan omega-3 yang dapat ibu hamil konsumsi pada uraian berikut ini!

Ikan Laut

Moms, seperti banyak diketahui, asam lemak omega-3, EPA, dan DHA yang dapat membantu perkembangan otak janin banyak ditemukan dalam lemak ikan. Meski begitu, Moms tak perlu mengonsumsi semua ikan laut untuk menu makan Anda selama masa kehamilan dan menyusui. Salmon, sarden, ikan hering, dan tiram merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk ibu hamil. Satu porsi ikan laut dan susu ibu hamil bisa menjadi sajian menu terbaik saat sarapan.



Kenari

Jenis kacang ini memiliki kandungan lemak sehat dan asam lemak omega-3. Moms dapat menikmati secangkir kenari sebagai camilan nikmat yang ditemani dengan susu ibu hamil. Menaburkannya di atas yoghurt ataupun memasukkan kenari sebagai bahan pembuat muffin dan roti juga bisa menjadi pilihan Anda.

Sayuran

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi sayuran, salah satunya adalah manfaat kandungan omega-3 yang ada di dalamnya. Sayuran dengan warna hijau gelap seperti bayam, kangkung, dan selada air, memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang cukup baik. Jadi, seringlah mengonsumsi sayuran, karena nutrisi yang satu ini tentu sangat baik untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan.



Minyak Canola dan Kedelai

Minyak canola dan minyak kedelai merupakan minyak yang memiliki kandungan ALA yang tinggi serta rendah lemak jenuh. Selain itu. Keduanya memiliki titik didih lebih tinggi dibandingkan minyak lainnya, sehingga Anda dapat memasak pada suhu yang cukup tinggi tanpa merusak kandungan minyak dan makanan.

Telur

Makanan yang satu ini adalah salah satu makanan dengan sumber protein yang tinggi. Telur tidak hanya kaya akan protein akan tetapi juga memiliki kandungan omega-3 yang tinggi, terutama telur yang diproduksi oleh ayam yang makan makanan organik sehingga tidak mengonsumsi zat kimia pada pakannya. Telur mengandung sekitar 115 mg omega-3. Telur juga mengandung zat kolin yang diyakini dapat membantu mencegah masalah pada sumsum tulang belakang dan otak janin.

Susu dan Yoghurt

Produk susu dan olahannya seperti keju dan yoghurt juga memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Susu kaya akan protein, kalsium, zat besi, fosfor yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang, baik itu susu sapi maupun susu kambing, juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. (Binar MP/SW/Dok. Freepik)



Tags: omega-3,   ibu hamil,   nutrisi,   kehamilan










Cover April 2020